Melihat Maskot Pemilu sejak 2009 hingga 2024, Lengkap dengan Maknanya

Pemilu
Sura dan Sulu, maskot Pemilu 2024.

TIMETODAY.IDPemilu 2024, masyarakat diundang untuk menentukan perwakilan di DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, serta menentukan pasangan presiden dan wakil presiden.

Dalam rangka memeriahkan perhelatan Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah meluncurkan maskot Pemilu 2024, sejalan dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 521 Tahun 2022 yang menetapkan maskot Pemilu Tahun 2024.

Pada Pemilu 2009, hadir Maskot Si Contreng yang menggambarkan pulpen berwarna oranye dan abu-abu, sedang menandai atau memberi centang pada selembar kertas. Konsepnya menekankan bahwa pemilih hanya perlu memberi tanda untuk memastikan suara sah pada Pemilu 2009.

Advertisement
Baca Juga :  Golkar Kabupaten Bogor Kembali Torehkan Sejarah, Jaro Ade : Optimis Raih 10 Kursi Legislatif di Bumi Tegar Beriman
pemilu
Si Contreng

Pemilu 2014 menyajikan Maskot Si Kora, kotak suara yang biasa digunakan dalam pemungutan suara. Si Kora membawa surat suara di tangan kanannya, dengan ajakan memilih tertulis di bagian kepalanya.

pemilu
Si Kora

Sang Sura, Maskot Pemilu 2019, diciptakan oleh David Wijaya. Merupakan akronim dari Sang Surat Suara, karakter ini menggambarkan surat suara dan paku pencoblos yang dipegang di tangan kanan. Sang Sura memberikan kesan tegas dan ramah melalui garis-garis tebal dan ekspresi wajah optimis.

Baca Juga :  Deretan Peristiwa yang Diperingati 29 Maret 2024

pemilu

Kemudian, Pemilu 2024 menghadirkan dua maskot, Sura dan Sulu, yang mengambil bentuk sepasang burung jalak Bali. Sura, burung jalak jantan, membawa paku pencoblosan di tangan kanan dan mengacungkan jari kelingking berwarna ungu sebagai tanda pemilihan sudah dilakukan.

pemilu
Sura dan Sulu

Sulu, burung jalak betina, terlihat dari bulu matanya, dengan nama yang merupakan akronim dari “Suara Pemilu.” ***

Sumber : indonesiabaik.id

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp TIMETODAY WA CHANNEL

=========================================================