Deretan Hari Penting 22 Desember yang Jarang Diketahui, Selain Hari Ibu

22 Desember
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Tidak banyak yang mengetahui bahwa pada tanggal 22 Desember, beberapa hari khusus dirayakan oleh berbagai kelompok di berbagai belahan dunia.

Tradisionalnya, perayaan yang paling menonjol pada tanggal tersebut adalah Hari Ibu Nasional, yang dirayakan bahkan beberapa hari sebelumnya.

Pada tanggal 22 Desember 2023, Hari Ibu jatuh pada hari Jumat menurut kalender Masehi. Namun, selain Hari Ibu, terdapat perayaan penting lainnya di berbagai negara yang mungkin tidak terbayangkan sebelumnya.

Advertisement

Merangkum beberapa sumber, berikut adalah beberapa perayaan penting yang juga terjadi pada tanggal 22 Desember:

  1. Peringatan Hari Ibu

Menurut informasi resmi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), Peringatan Hari Ibu muncul sebagai hasil kongres pertama Perempuan Indonesia pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta.

Keputusan untuk memperingati jasa ibu diresmikan oleh pemerintah Indonesia berdasarkan Keppres RI No. 316 Tahun 1959.

Baca Juga :  Presiden FIFA Yakin Qatar 2022 Akan Jadi Piala Dunia Terbaik

Meskipun perayaan Hari Ibu bervariasi di setiap negara, Indonesia merayakannya setiap tanggal 22 Desember, sementara di beberapa negara lain, seperti Amerika Serikat, Mothers Day dirayakan setiap 2 Juni.

  1. Hari Matematika di India

Hari Matematika di India, yang diperingati pada tanggal 22 Desember, bertujuan untuk menghormati kontribusi Srinivasa Ramanujan, seorang ahli matematika terkemuka.

Ramanujan lahir pada tanggal tersebut pada tahun 1887 dan memberikan kontribusi signifikan pada berbagai bidang matematika, termasuk teori bilangan, deret tak hingga, analisis matematika, dan pecahan lanjutan.

  1. Hari Orang Pendek Nasional

Sebuah perayaan unik, ‘Hari Orang Pendek Nasional,’ diperingati pada tanggal 22 Desember, di mana orang diundang untuk mengakui keberagaman tinggi badan dan bersenang-senang dengan orang-orang pendek di sekitar mereka.

Mitos tentang tinggi pendeknya Napoleon Bonaparte disebabkan oleh deskripsi negatif musuh Prancisnya, dan hari ini mengajak orang untuk merayakan perbedaan ini.

  1. Hari Betty Nasional di AS
Baca Juga :  5 Rekomendasi Game Bertemakan Natal, Rayakan Momen Natal Penuh Kebahagian

Bagi mereka yang memiliki nama seperti Betty, Bethany, Elizabeth, atau Beatrice, Hari Betty Nasional pada tanggal 22 Desember diresmikan oleh Walikota Hornersville, Bub Forsythe, sebagai penghormatan kepada semua individu yang memiliki nama tersebut.

Tanggal tersebut dipilih untuk memperingati ulang tahun Betty Hinesly, anggota komunitas Hornersville, dan nama Betty sendiri memiliki sejarah yang panjang dalam sebutan umum untuk beberapa nama perempuan.

Semua perayaan ini menambahkan nuansa beragam dan meriah pada tanggal 22 Desember, dengan mengakui berbagai peristiwa dan tokoh yang memberikan kontribusi pada berbagai bidang. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================