100 Persen Saham Semen Grobogan Diakuisisi Indocement

indocement
(FOTO : IST)

TIMETODAY.ID Indocement dan PT Dian Abadi Perkasa,  salah satu entitas anak perusahaan yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Indocement, telah menyelesaikan proses akuisisi 100% kepemilikan saham PT Semen Grobogan (Semen Grobogan). Akuisisi ini sepenuhnya didanai oleh kas internal Indocement.

Akuisisi ini menambah footprint PT Indocement Tunggal Prakarsa (Indocement) dan membuka kesempatan baru bagi penetrasi Indocement di Provinsi Jawa Tengah.

Penandatanganan Sale and Purchase Deeds (Akta-Akta Jual Beli Saham) sehubungan dengan pengambilalihan sejumlah 345.860 (tiga ratus empat puluh lima ribu delapan ratus enam puluh) lembar saham atau 100% kepemilikan saham di PT Semen Grobogan dilakukan pada 30 November 2023 di Jakarta.

Advertisement

Semen Grobogan merupakan pabrik semen yang berlokasi di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, yang memiliki kapasitas produksi sebesar 1,8 juta ton clinker dan 2,5 juta ton semen serta persediaan bahan baku lebih dari 50 tahun ke depan.

Baca Juga :  RUPS Buku 2021, Hasilkan David Jonathan Clarke Sebagai Direktur

Semen Grobogan sendiri telah memulai produksi komersial pada Januari 2022. Direktur Utama Indocement, Christian Kartawijaya menyatakan bahwa transaksi ini didanai sepenuhnya oleh kas internal perusahaan.

”Saya mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan bantuan dari seluruh pihak sehingga transaksi ini berjalan dengan lancar, akuisisi ini merupakan langkah penting dalam rencana memperkuat footprint lokasi pabrik dan terminal semen,” ujar Christian Kartawijaya.

Sehingga, lanjut dia, Indocement mampu meningkatkan efisiensi biaya logistik dan distribusi semen serta mempertahankan pangsa pasarnya khususnya di Jawa Tengah.

Baca Juga :  Selama Libur Natal dan Tahun Baru Jasa Marga Tebar Diskon untuk Tarif Tol

Akuisisi ini merupakah langkah lanjutan yang penting untuk memperkuat posisi Indocement di Jawa Tengah setelah kami mengambil alih operasional Pabrik Semen Bosowa di Maros, Sulawesi Selatan.

Dengan metode sewa- menyewa untuk memperkuat suplai pasar di Indonesia bagian timur dan juga unit penggilingan semen di Banyuwangi untuk memperkuat pasar di Jawa Timur dan Bali.

“Sehingga dapat memberikan gambaran dari roadmap jangka panjang Indocement untuk menjadikan pendistribusian Semen Tiga Roda yang lebih kokoh dan terpercaya bagi para pelanggan kami di seluruh Indonesia,” pungkasnya. ***

 

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================