Polisi Berencana Tutup Akses Jalur Puncak pada Malam Tahun Baru

jalur puncak
Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor berencana menutup akses Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat saat malam pergantian Tahun Baru 2024. Foto : timetoday.id

TIMETODAY.ID – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor berencana menutup akses Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat saat malam pergantian Tahun Baru 2024.

“Mulai pukul 21.00 WIB hingga 02.00 WIB pada 1 Januari 2024, Jalur Puncak akan menjadi malam tanpa kendaraan, berlaku untuk baik motor maupun mobil,” ujar Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas), AKP Rizky Guntama, Selasa (19/12/2023).

Sebelum pelaksanaan tersebut, Rizky menjelaskan bahwa mereka akan menerapkan rekayasa lalu lintas untuk menghindari kemacetan di kawasan wisata Puncak. Rekayasa tersebut mencakup pengalihan arus lalu lintas dari Exit GT Ciawi menuju Puncak, dimulai dari pukul 18.00 WIB pada Minggu (31/12/2023).

Advertisement
Baca Juga :  Bogor Berlakukan Ganjil - Genap untuk Halau Pemudik

Jalur Puncak

“Arus lalu lintas dari Tol yang menuju Puncak akan dialihkan lurus ke Simpang Ciawi,” tambahnya.

Rizky menegaskan bahwa setelah pukul 02.00 WIB, kendaraan yang bergerak dari Puncak menuju Jakarta hingga pukul 06.00 WIB akan menjadi prioritas, dan mungkin akan diterapkan rekayasa oneway atau tindakan pengaturan lalu lintas lainnya.

“Pasca malam Tahun Baru, fokus kami akan pada kendaraan yang menuju Jakarta,” ungkapnya.

Dengan adanya rencana rekayasa lalu lintas ini, diharapkan masyarakat dapat memilih jalur alternatif melalui Jonggol atau Sukabumi untuk menghindari kemacetan. Rencana ini masih terus diperbarui sesuai dengan dinamika kondisi lalu lintas di lapangan.

Baca Juga :  Rp 3,6 Miliar Dibangunkan Pasar Rakyat Klapanunggal, Tapi Sepi Peminat

“Rencana rekayasa ini akan terus kami perbarui seiring dengan melihat kondisi lalu lintas dan masukan dari pihak lain terkait pengaturan tersebut,” jelasnya.

Rizky juga memproyeksikan peningkatan volume kendaraan di Jalur Puncak mulai 22 Desember 2023 hingga 29 Desember 2023.

“Prediksi kami adalah adanya peningkatan volume kendaraan di Jalur Puncak mulai dari libur Natal, khususnya pada Jumat, hingga hari Jumat pada Tahun Baru,” tambahnya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================