Menparekraf Sandiaga Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Menparekraf)Sandiaga Uno. Foto : Istimewa.

TIMETODAY.ID, BOGORMenparekraf Sandiaga Uno meminta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisbudpar) Kabupaten Bogor Deni Humaedi untuk meninjau tempat wisata Gunung Pancar yang kelewat mahal.

Hal itu diketahui Sandiaga usai seorang wisatawan mengeluhkan harga tiket hingga viral di media sosial. Sandiaga menegaskan masalah tersebut harus segera diatasi karena saat ini kawasan Gunung Pancar dan Sentul menjadi destinasi incaran wisatawan dari Jabodetabek.

“Kami menginstruksikan seluruh dinas pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya Jawa Barat, Disparekraf Kota dan Kabupaten Bogor, melakukan pembinaan terhadap pelaku pariwisata di daerahnya karena di sini ada pengelola kolam air panas di Gunung Pancar, Bogor, yang ternyata pelayanan terhadap wisatawannya belum oke banget,” kata Sandiaga dalam jumpa pers secara virtual, Senin (2/1/2023) lalu.

Advertisement
Baca Juga :  Masih Ada Wilayah di Kabupaten Bogor Tanpa Listrik

Seiring dengan peningkatan pariwisata di Sentul dan Gunung Pancar, Bogor, Sandiaga mengungkapkan kawasan tersebut merupakan hasil promosi dan berhasil menarik wisatawan Jabodetabek sesuai dengan konsep personalize, localize, customize, and smaller size.

“Oleh sebab itu, maka fasilitas perlu ditingkatkan. Keberhasilan perlu kita kawal momentumnya dan kita minimalkan praktik-praktik yang merugikan wisatawan,” ujarnya.

Sementara itu Kadisparbud Kabupaten Bogor, Deni Humaedi mengungkapkan permohonan maaf kepada wisatawan yang kurang nyaman saat mengunjungi kawasan wisata di Kabupaten Bogor.

Ia juga telah meminta camat dan kepala desa setempat mengecek lokasi. Kemudian berkomunikasi dengan sejumlah pihak, termasuk pengelola dan tokoh masyarakat setempat

Baca Juga :  Kedapatan Tanam Ganja, Dua Pria di Bogor Berujung 5 Tahun Penjara

“Insyaallah masukannya untuk perbaikan kami. Ini akan kami laporkan kepada pimpinan untuk langkah lebih lanjut,” kata Deni kepada wartawan, Rabu (4/1/2023).

Deni berterima kasih atas masukan terkait wisata Gunung Pancar tersebut. Dia berharap kejadian seperti itu tidak mengurangi kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bogor.

“Terima kasih atas perhatiannya untuk Bogor dan Jawa Barat. Kemudian juga dari Disparbud Provinsi sudah komunikasi. Semua untuk perbaikan, supaya kejadian ini tidak berulang dan berulang. Tentunya juga Kabupaten Bogor yang kunjungannya saat ini terbesar di Jawa Barat, jangan sampai dengan peristiwa ini justru mengurangi kunjungan,” tuntasnya.

=========================================================