Nataru
Jelang perayaan natal dan tahun baru 2023 (Nataru) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar rapat koordinasi di Bigland Sentul Hotel & Convention, Kecamatan Babakan Madang. Foto : Istimewa.

TIMETODAY.ID – Jelang perayaan natal dan tahun baru 2023 (Nataru) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mulai mengantisipasi peningkatan mobilisasi dan aktivitas masyarakat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin mengungkapkan bahwa beberapa hal yang kiranya perlu menjadi perhatian bersama dan perlu dilakukan dengan meningkatkan koordinasi dengan pihak terkait mulai dari kondisi infrastruktur jalan, sarana-prasarana lalu lintas, rambu-rambu lalu lintas, penerangan jalan yang harus berfungsi dengan baik.

Dengan demikian, perlunya optimalisasi tim patroli, satgas personil gabungan agar meningkatkan kewaspadaan dengan memonitor terutama wilayah perbatasan dan wilayah yang rawan kemacetan seperti jalur Puncak.

Advertisement

Selain itu juga pengamanan di tempat ibadah, tempat rekreasi, hiburan, wisata dan pusat perbelanjaan, pusat keramaian, dengan cara-cara yang humanis dan simpatik untuk menciptakan rasa aman di masyarakat mengingat peristiwa aksi terorisme yang baru saja terjadi di Bandung, yang perlu diwaspadai.

Baca Juga :  Sadis! Dipicu Sakt Hati, David Nekat Bunuh Mantan Kekasih

“Perlu koordinasi dengan pengelola rumah ibadah dan pemilik usaha, protokol kesehatan juga perlu tetap dijaga di tempat-tempat publik. Antisipasi gejolak sosial politik, idiologi yang menyebabkan pelanggaran terhadap komitmen kebangsaan, antisipasi kenaikan harga dan ketersediaan bahan pokok,” pintanya usai menggelar rapat koordinasi di Bigland Sentul Hotel & Convention, Kecamatan Babakan Madang, belum lama ini.

Tak hanya pengamanan, Burhanudin mengingatkan bahwa akhir tahun biasanya curah hujan di Jawa Barat khususnya Kabupaten Bogor akan meningkat. Sehingga perlu antisipasi maksimal.

Baca Juga :  Rapimda DPD KNPI Kabupaten Bogor Sahkan 172 Suara yang Bakal Jadi Rebutan Calon Ketua Baru

Oleh sebab itu, ia meminta kepada para camat untuk  siaga di wilayah kerjanya masing-masing dengan berkoordinasi bersama Forkopimcam untuk meningkatkan kewaspadaan  dan  kesiapsiagaan diri maupun satuan sehingga mampu merespon cepat dan tepat, setiap bentuk gangguan.

“Para personil pengamanan agar tetap waspada dan jangan under estimate terhadap potensi gangguan yang ada. Strategi pengamanannya saya serahkan kepada pak Dandim dan Pak Kapolres, Satpol PP dan dinas terkait. Saya juga minta kepada seluruh Polsek, Babinkamtibmas untuk tetap waspada dalam menjaga dan menciptakan kondusivitas perayaan nataru di Kabupaten Bogor,” tuntasnya.

=========================================================