6 Manfaat Rosemary untuk Kesehatan

TIMETODAY.ID – Rosemary termasuk ke dalam jenis tanaman herbal dengan nama latin Rosmarinus officinalis. Rosemary memiliki aroma yang khas seperti pinus dan segarnya menyerupai mint atau lemon.

Fungsinya mulai dari memelihara kesehatan otak, mendorong pertumbuhan rambut hingga memperbaiki suasana hati. Manfaat tersebut bisa diperoleh dengan memanfaatkan rosemary sebagai teh herbal atau aromaterapi.

Berikut manfaat rosemary untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Advertisement
  1. Menjaga Kesehatan Otak

Rosemary mengandung zat antiradang dan antioksidan yang mampu menurunkan potensi penurunan daya ingat dan gangguan konsentrasi. Kedua kandungan tersebut juga mampu melancarkan aliran darah menuju otak dan menjaga kesehatan organ tersebut.

  1. Meredakan Nyeri

Manfaat rosemary ini terjadi berkat zat antiradang yang terkandung di dalamnya. Zat tersebut mampu mengatasi nyeri di sekujur tubuh, termasuk di area sendi, otot dan perut ketika menstruasi.

  1. Menjaga Kesehatan Mata
Antioksidan di dalam rosemary dapat membantu mencegah katarak dan menghambat perkembangannya. Tanaman ini juga mampu memelihara kesehatan mata dan menurunkan potensi sakit mata akibat penuaan, seperti degenerasi makula.
  1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut
Baca Juga :  Manfaat Terong Untuk Kesehatan

Kebotakan menjadi salah satu gangguan yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Penggunaan minyak rosemary dapat membantu mencegah kebotakan dengan menstimulasi pertumbuhan rambut.

Caranya, dengan mengoleskan minyak rosemary ke kulit kepala sebanyak dua kali sehari. Lakukan cara ini selama 6 bulan guna merangsang pembentukan sel rambut yang baru. Bisa dibilang, efektivitas minyak tanaman ini serupa dengan obat penumbuh rambut minoxidil.

  1. Menjaga Kadar Gula Darah
Manfaat rosemary ini berasal dari kandungan asam karnosik dan asam rosmarinik yang menyerupai hormon insulin. Cara kerjanya dengan menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil, sehingga aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes.
  1. Meningkatkan Suasana Hati
Baca Juga :  Mengenal Teknik Mewing yang Diklaim Bisa Perbaiki Bentuk Wajah

Penggunaan rosemary sebagai aromaterapi atau teh herbal efektif membantu meningkatkan suasana hati. Cara kerjanya dengan memberikan efek relaksasi dan menenangkan pada penggunanya.

Untuk mendapatkan keuntungan di atas, rosemary bisa diolah sebagai bumbu masakan, dijadikan sebagai teh atau aromaterapi. Namun, di balik manfaat yang diberikan, rosemary berpotensi menimbulkan reaksi alergi. (*)

=========================================================