Cileungsi Jadi Tuan Rumah MTQ ke 44

TIMETODAY.ID, BOGORPlt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-44 tingkat Kabupaten Bogor tahun 2022, di Metland Transyogi, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Kecamatan Cileungsi jadi tuan rumah MTQ dengan tema “Tingkatkan Kualitas SDM yang Qurani dan Unggul untuk Mewujudkan Masyarakat yang Religius dan Moderat”.

Pelaksanaan MTQ ke-44 tingkat Kabupaten Bogor diikuti 2.160 orang dengan 8 cabang perlombaan.

Advertisement

Pelaksanaan dimulai tanggal 25 sampai 28 September 2022 di Kecamatan Cileungsi yang tersebar pada 11 lokasi mimbar.

Hari ini rangkaian pembukaan MTQ dimulai dengan pawai ta’aruf yang diikuti 40 kecamatan dengan kurang lebih 5.000 peserta pawai.

Hadir pada pembukaan MTQ ke-44, Forkopimda Kabupaten Bogor, para anggota DPRD, Sekretaris Daerah (Sekda), Ketua TP PKK, Kepala Kantor Kementerian Agama, Ketua Umum Baznas.

Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ)  Kabupaten Bogor, para habaib, kyai, alim ulama, asatidz/ustadzah, jajaran Pemkab Bogor dan seluruh stakeholder.

Baca Juga :  Insentif Guru Honor di Bogor Naik

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan menuturkan, MTQ merupakan bagian dari misi Pemkab Bogor untuk meningkatkan kesalehan sosial di masyarakat melalui syiar Islam untuk mengajak masyarakat agar mencintai Al-Qur’an.

Serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilainya sebagai pedoman hidup, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Ajang MTQ bukan sekedar formalitas, rutinitas, atau menang kalah dalam seni membaca Al-Quran namun sebagai syiar untuk membumikan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan kegiatan MTQ di tengah kota ini, yakni di Metland Transyogi Cileungsi, membuktikan syiar untuk membumikan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari bukan hanya di wilayah pedesaan, melainkan di perkotaan,” tutur Iwan.

Iwan mengungkapkan, kegiatan MTQ tingkat Kabupaten Bogor ini sebagai awal untuk melangkah ke tingkat Provinsi Jawa Barat.

Iwan berharap kegiatan ini bisa menjadi yang terbaik se-Jawa Barat. Pemkab Bogor siap mendukung para camat agar memperhatikan para utusan atau perwakilan kecamatannya masing-masing selama mengikuti kegiatan MTQ ini, agar para peserta dan kafilah dapat memberikan yang terbaik.

Baca Juga :  Komunitas Motor Trail Meriahkan Jonggol Adventure

“Kemudian, para dewan hakim agar melaksanakan tugasnya dengan profesional dan memberikan penilaian secara objektif dan jujur serta menjunjung tinggi sportivitas,” ungkap Iwan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor, H. Syukri Ahmad Fanani mengatakan, hari ini sangat berbahagia karena dapat bersama-sama menghadiri kegiatan syiar ini.

Dirinya berharap arena MTQ yang ada di Kecamatan Cileungsi ini nantinya bukan cuma sekedar perhelatan MTQ saja tapi juga kegiatan lainnya yang menyemarakkan kehidupan beragama.

“Kemudian diharapkan penyelenggaraan MTQ ini nantinya dapat melahirkan Qori dan Qoriah, Hafidz dan Hafidzah, Mufassir dan Mufassiroh, Qhotat dan Qhotatah yang benar-benar dari Kabupaten Bogor,” kata Syukri.

Ia menambahkan, sehingga dapat meneruskan para pendahulu kita pada jaman keemasan, yang berhasil mengharumkan nama Kabupaten Bogor di kancah internasional pada tahun 1980 – 1990an dengan meraih hasil yang gemilang. (**)

=========================================================