DPRD Minahasa Belajar Ilmu ke DPRD Kabupaten Bogor

DPRD Minahasa

TIME TODAY.ID, BOGOR – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto menerima pimpinan DPRD Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Rembang. Pertemuan tersebut dalam rangka koordinasi dan konsultasi terkait langkah antisipasi yang diperlukan menyikapi sejumlah perubahan kebijakan pemerintah pusat di tahun 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Rudy mengatakan, DPRD bersama pemerintah daerah harus adaptif terhadap berbagai kebijakan pemerintah pusat yang berimplikasi kepada program pembangunan di daerah. Menurut Rudy, dinamisasi kebijakan menjadi hal yang tidak terhindari di tengah situasi pandemi dan pemulihan ekonomi.

“Maka kita harus responsif, antisipatif, dan fleksibel dengan tetap berpedoman pada aturan yang berlaku,” ujar Rudy, disela rapat koordinasi dan konsultasi dengan Pimpinan DPRD Kabupaten Rembang dan Kabupaten Minahasa, di Gedung DPRD Kabupaten Bogor, Senin (13/12/2021).

Advertisement
Baca Juga :  Dewan Ingin Memastikan Proyek Sentul-Kandangroda Bisa Dinikmati Warga

Politisi Partai Gerindra ini mengingatkan, pandemi Covid-19 belum berakhir dan masih menjadi ancaman bagi Indonesia dan dunia, terutama dengan munculnya varian baru Omicron di sejumlah negara. Oleh karena itu, kata dia, untuk menjaga kesinambungan program penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional, reaksi dan antisipasi pemerintah pusat akan berdampak pada pemerintah daerah.

“Jadi hari ini bersama pimpinan DPRD Kabupaten Rembang dan Kabupaten Minahasa kita membicarakan langkah antisipasi apa yang perlu DPRD lakukan di 2022 seiring dengan kebijakan pemerintah pusat,” katanya.

Rudy yang juga Wasekjen DPP Partai Gerindra menyampaikan, pandemi covid-19 membuat kondisi tidak menentu. Dalam situasi seperti ini, kata dia, semua pihak dituntut untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi agar program pembangunan bisa tetap berjalan secara efektif dan efisien. “Dan kami yakin, sebagai bangsa yang kuat, bangsa yang tangguh, kita bisa memulihkan kondisi ini dan bahkan menjadikannya momentum untuk bangkit,” kata dia.

Baca Juga :  KPAI Mengecam Keras Pelaku Perundungan di Tasikmalaya

Yang paling penting, lanjut Rudy, semangat gotong royong harus terus ditingkatkan. Menurut Rudy, modal utama bangsa ini adalah rasa persatuan dan kesatuan. “Persatuan menjadi benteng utama kita. Kita bisa melewati kondisi apapun, termasuk mengatasi pandemi dan pemulihan ekonomi sekaligus,” tegasnya.

Rapat koordinasi dan konsultasi antar DPRD ini berlangsung hangat. Perwakilan DPRD Kabupaten Minahasa dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Minahasa, Glady Erina Patricia Kandouw. Sementara DPRD Kabupaten Rembang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Rembang Supadi. (*)

=========================================================