TIMEBTODAY – Tekanan darah rendah adalah kondisi umum yang kerap dialami ibu hamil. Meski tak berbahaya, namun kondisi ini perlu diatasi.

Baca Juga : Obesitas Picu Penyakit Lain, Diabetes hingga Kanker

Tekanan darah normal sendiri berkisar pada angka 120/80 Hg. Di bawah angka tersebut, seorang ibu hamil dinyatakan mengalami tekanan darah rendah.

Advertisement

Konsumsi makanan bergizi menjadi salah satu solusi utamanya. Dalam catatannya, ahli obstetri dan ginekologi FKUI, dr Suskhan Djusad menyarankan ibu hamil untuk melengkapi asupan makan dengan menu 4 sehat 5 sempurna.

Baca Juga :  5 Makanan Khas Jepang yang Diyakini Membuat Umur Panjang

Penuhi asupan protein dari daging merah, ikan, dan ayam. Lalu, jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah dan sayur. Selain itu, ibu hamil juga bisa melengkapinya dengan susu.

“Disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi daging putih [ikan] dan ayam,” tulis Suskhan. Ikan dan ayam memiliki kandungan protein yang baik untuk ibu hamil. Bagian ati ayam juga bisa membantu meningkatkan tekanan darah.

Baca Juga : Alica Schmidt Tampil Seksi

Kendati demikian, ibu hamil disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi daging merah. Konsumsi daging merah yang terlalu tinggi saat hamil dapat meningkatkan risiko kanker rektum.

Baca Juga :  Tanda-tanda Awal Diabetes yang Harus Diketahui

Begitu pula dengan konsumsi daging kambing agar tidak dikonsumsi terlalu banyak. Bagi beberapa orang, sedikit daging kambing bisa membuat tekanan darah melonjak.

Perlu diketahui, meski tidak terlalu berbahaya, namun kondisi darah rendah bisa memengaruhi janin jika tak ditangani dengan baik. Bayi bisa lahir kecil bahkan stunting. (bam/net)

=========================================================