Perdana di Kota Bogor, Siloam Hospitals Luncurkan Layanan Tindakan Jantung

Siloam Hospitals
Media Gathering Siloam Hospital Bogor, Kamis (30/5/2024). Foto : timetoday.id

TIMETODAY.IDSiloam Hospitals Bogor terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan kesehatan terbaik dengan meluncurkan terobosan-terobosan baru salah satunya adalah layanan tindakan jantung yaitu seperti EVAR (Endovascular Aortic Repair) dan EVLA (Endovenous Laser Ablation). Layanan ini perdana di Kota Bogor.

Rumah sakit ini berhasil melakukan berbagai tindakan jantung yang untuk pertama kalinya dilakukan di Kota Bogor tepatnya di akhir 2023 lalu. Dengan demikian menunjukkan kemajuan signifikan dalam bidang kardiologi di Kota Bogor.

Siloam Hospitals Bogor berhasil melakukan Tindakan EVAR di tanggal 27 Maret 2024 yang ditangani oleh dr. Widya Trianita Suwatri, Sp.BTKV, Subsp.JD(K) dan didukung  tim dokter dan medis lainnya.

Advertisement

Endovascular Aortic Repair atau EVAR adalah tindakan medis untuk mengatasi aneurisma aorta dengan cara memasukkan alat pengganti aorta berupa stent graft (cangkok) yang dapat menjalankan peran aorta mengalirkan darah terutama ke area perut dan kedua kaki.

Sementara Endovenous Laser Ablation (EVLA) pertama kali dilakukan di Siloam Hospitals Bogor pada tanggal 17 Februari 2024 oleh dr. Marcella, Sp,BTKV dimana EVLA sendiri merupakan prosedur medis yang dilakukan untuk menangani vena varises dengan menggunakan energi laser.

Baca Juga :  Detik detik Taiwan Diguncang Gempa Bumi M 7,5, Rabu 3 April 2024

Metode EVAR sering dilakukan sebagai tindakan minim sayatan (minimal invasive), sehingga pasien tidak memerlukan tindakan bedah (open heart).

Heart Center Siloam Hospitals Bogor kini dilengkapi dengan teknologi mutakhir dan tim medis berpengalaman yang mampu menangani berbagai kondisi kardiovaskular.

Beberapa tindakan jantung yang berhasil dilakukan antara lain angioplasty koroner, pemasangan stent, dan operasi bypass jantung. Ini adalah langkah penting yang menandai peningkatan kapasitas rumah sakit dalam memberikan perawatan jantung yang komprehensif dan berkualitas tinggi.

Dr. Rifnaldi, spesialis jantung dan pembuluh darah Siloam Hospitals Bogor menyatakan, dengan hadirnya fasilitas layanan jantung di Kota Bogor dapat memberikan layanan kesehatan jantung yang terbaik dan terdepan kepada masyarakat Bogor tanpa harus pergi ke luar kota.

“Dengan adanya layanan ini, masyarakat Bogor kini memiliki akses yang lebih mudah dan cepat terhadap penanganan penyakit jantung yang sebelumnya harus dirujuk ke rumah sakit di kota besar,” ungkap Dr. Rifnaldi kepada wartawan saat menggelar media gathering, Kamis (30/5/2024).

Hal ini, sambung Rifnaldi tidak hanya menghemat waktu dan biaya, tetapi juga memberikan harapan baru bagi pasien dengan kondisi jantung kritis di wilayah tersebut.

Baca Juga :  Sejumlah Gedung Ambruk di Taiwan, Imbas Gempa Bumi Berkekuatan 7,5

Selain itu, Siloam Hospitals Bogor juga terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan jantung melalui berbagai program edukasi dan pencegahan.

“Kami berkomitmen untuk tidak hanya menangani penyakit, tetapi juga mencegahnya dengan cara memberikan edukasi kesehatan yang berkelanjutan kepada masyarakat,” tambahnya

Dengan langkah-langkah inovatif ini, Siloam Hospitals Bogor berharap dapat menjadi pusat rujukan utama untuk perawatan jantung di Jawa Barat, memberikan pelayanan medis yang tidak hanya cepat dan tepat, tetapi juga ramah dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat.

Harapannya,  Siloam Hospitals Bogor bisa successful story dalam penanganan Tindakan jantung yang telah dilakukan dapat lebih luas lagi diketahui oleh Masyarakat Kota Bogor.

Sehingga Siloam Hospitals Bogor dapat menjadi pusat layanan jantung dan rumah sakit rujukan utama bagi kasus-kasus jantung level advanced yang belum dapat dilakukan di Kota Bogor serta dapat menjangkau Masyarakat Kota Bogor yang membutuhkan. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================