Dear Bunda, Waspada 5 Daftar Makanan Ini Diklaim Bikin Otak Si Kecil “Lemot”

5 daftar makanan
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID –  Dear bunda, hindari 5 daftar makanan berikut kepada si kecil karena diklaim dapat menurunkan kecerdasan mereka.

Pola makan mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan. Selain berpengaruh pada kesehatan fisik, makanan juga berdampak pada kecerdasan seseorang.

Beberapa indikator kecerdasan antara lain daya ingat dan cara berpikir. Beberapa jenis makanan diketahui dapat mempengaruhi kedua hal ini.

Advertisement

Sebaliknya, makanan sehat seperti ikan berlemak yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat meningkatkan kesehatan otak dan fungsi kognitif.

Menjaga fungsi kognitif agar optimal harus dilakukan sejak dini. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memperhatikan asupan makanan bagi anak-anak mereka.

Makanan yang Membuat Otak Anak Menjadi Lemot

Melansir Healthline.com, ada beberapa jenis makanan yang diyakini bisa mengurangi kecerdasan anak. Orang tua perlu menghindari memberikan makanan-makanan berikut ini kepada si kecil.

  1. Permen

Permen mungkin menjadi camilan favorit anak-anak. Namun, sebaiknya batasi konsumsi permen dan makanan/minuman manis lainnya.

Selain menyebabkan obesitas, konsumsi gula tambahan seperti yang terdapat dalam permen juga bisa berdampak negatif pada otak.

Baca Juga :  Resep Cemilan Roti Goreng Cokelat Meses

Fruktosa dan glukosa, komponen utama dari banyak makanan/minuman manis, dapat menurunkan fungsi otak, memori, dan kemampuan belajar, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian pada hewan.

Selain permen, hindari juga minuman bersoda dan minuman manis dalam kemasan lainnya.

  1. Kue Kering (Cookies)

Anak-anak biasanya suka dengan kue kering. Namun, Anda harus berhati-hati karena kue kering mengandung banyak gula tambahan dan karbohidrat tinggi dari tepung.

Karbohidrat dengan indeks glikemik (GI) tinggi dapat mengganggu fungsi otak. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan dengan GI tinggi dapat merusak daya ingat pada anak dan dewasa.

Peradangan di hipokampus, bagian otak yang mempengaruhi memori, diduga menjadi penyebabnya.

Selain itu, karbohidrat juga dapat berdampak negatif lainnya pada otak. Studi menunjukkan bahwa anak-anak usia 6-7 tahun yang mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat memiliki skor kecerdasan nonverbal yang lebih rendah.

  1. Junk Food

Batasi konsumsi junk food untuk anak-anak. Makanan yang kaya lemak trans bisa berdampak buruk pada kesehatan otak.

Baca Juga :  Intermezo : Tata Cara Mencoblos Asyik 14 Februari 2024

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi banyak lemak trans memiliki daya ingat yang lebih buruk, volume otak yang lebih kecil, dan fungsi kognitif yang menurun.

Selain junk food, hindari juga memberikan gorengan yang kaya minyak.

  1. Mi Instan

Meski praktis dan lezat, mi instan bisa mengganggu fungsi otak. Studi menemukan bahwa konsumsi makanan olahan seperti sosis dikaitkan dengan skor pembelajaran dan memori yang lebih rendah.

Selain sosis dan mi instan, hindari juga memberikan nugget.

  1. Kecap

Kecap dapat membuat masakan lebih nikmat, tetapi juga tinggi garam. Penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi akibat konsumsi garam berlebih dapat membatasi aliran darah ke otak, mengganggu kemampuan fokus, dan merusak keterampilan berorganisasi serta memori.

Oleh karena itu, kecap termasuk dalam makanan yang dapat menurunkan kecerdasan anak. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================