Cara Asyik Ngabuburit Naik Motor

ngabuburit  
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID –  Bersepeda motor sambil menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit  adalah aktivitas yang sering dilakukan oleh sebagian besar umat Muslim di berbagai daerah di Indonesia. Mereka biasanya melakukan kegiatan tertentu sambil menanti waktu berbuka.

Banyak dari mereka yang mencari makanan takjil sebagai bagian dari kegiatan ngabuburit tersebut. Namun, untuk memaksimalkan pengalaman ngabuburit dengan sepeda motor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Memastikan penggunaan helm tetap terjaga

Pengendara sepeda motor yang sedang ngabuburit disarankan untuk selalu menggunakan helm demi keamanan mereka sendiri. Tidak ada kompromi terhadap keselamatan, dan memakai helm adalah hal yang sangat penting untuk mencegah kecelakaan di jalan.

Advertisement
  1. Memeriksa kelengkapan dan kondisi sepeda motor
Baca Juga :  Cek Jadwal Buka Puasa Daerah Jakarta, Bogor, Bekasi dan Tangerang

Penting untuk selalu memeriksa kondisi mesin dan atribut sepeda motor seperti oli, tekanan angin ban, rem, dan gas sebelum memulai perjalanan. Pastikan juga bahwa atribut lain seperti kaca spion dan lampu berfungsi dengan baik demi keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.

  1. Mematuhi aturan lalu lintas dengan disiplin

Karena jalanan biasanya menjadi ramai saat menjelang berbuka puasa, penting untuk tetap tertib dan mematuhi aturan lalu lintas. Ini tidak hanya untuk menghindari kemacetan, tetapi juga untuk menjaga keselamatan bagi semua pengguna jalan.

  1. Memeriksa kondisi bahan bakar sepeda motor
Baca Juga :  Amalan Doa Hari Ketiga Puasa Ramadan

Sebelum memulai ngabuburit atau mencari takjil, pastikan bahwa bahan bakar cukup untuk perjalanan agar tidak terjadi kehabisan di tengah perjalanan.

  1. Mengendalikan emosi

Kondisi lalu lintas yang padat dapat memicu emosi, namun penting untuk tetap tenang dan menggunakan teknik berkendara defensif untuk menghindari konflik antar pengendara.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, pengalaman ngabuburit dengan sepeda motor dapat menjadi lebih aman dan menyenangkan bagi semua orang yang melakukannya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================