Film Dirty Vote Hilang di Pencarian Kanal YouTube, Netizen Ramai-ramai Bilang Begini

Film Dirty Vote
Poster Film Dirty Vote.

TIMETODAY.ID –  Film Dirty Vote yang dipublikasikan di kanal YouTube Dirty Vote dan PSHK Indonesia telah menjadi topik yang hangat diperbincangkan oleh pengguna media sosial. Film dokumenter yang mengangkat isu seputar Pemilu 2024 tersebut ditayangkan pada hari Minggu (11/2/2024) yang lalu.

Pantauan timetoday.id, Selasa (13/2/2024), topik ‘Dirty Vote’ mendominasi daftar trending topic di platform X sejak pagi hingga saat artikel ini diterbitkan. Lebih dari 584.000 postingan telah dibuat mengenai film berdurasi 1 jam 57 menit tersebut.

Di kanal YouTube Dirty Vote, film tersebut telah ditonton lebih dari 5,1 juta kali dan menerima lebih dari 48.000 komentar. Meskipun kanal ini hanya memiliki satu video penuh dan satu video trailer, namun telah berhasil mendapatkan 101.000 pelanggan.

Advertisement

Sementara di kanal PSHK Indonesia, lebih dari 4,3 juta penonton telah menonton ‘Dirty Vote’, dan sekitar 63.000 netizen telah membanjiri film tersebut dengan berbagai komentar di kanal tersebut.

Baca Juga :  Jadwal dan Aturan Resmi Pengumuman Pemilu 2024

Hingga saat ini, film ‘Dirty Vote’ masih tersedia di YouTube dan dapat ditonton melalui kanal PSHK Indonesia atau Dirty Vote. Namun, banyak pengguna yang melaporkan bahwa video tersebut tidak dapat ditemukan di hasil pencarian utama YouTube.

Meskipun ketika mencari kata kunci ‘Dirty Vote’, hasil pencarian menampilkan video-video lain terkait film tersebut, seperti wawancara dengan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, serta reaksi dan diskusi netizen mengenai ‘Dirty Vote’.

Pencarian di laman utama YouTube tidak menampilkan film asli dari kanal Dirty Vote maupun PSHK Indonesia. Bahkan ketika mencari kata kunci ‘Dirty Vote PSHK Indonesia’, video baru muncul di urutan ke-9, sementara beberapa video lain menempati urutan pertama.

Fenomena ini sering disebut sebagai ‘shadow ban’, yang biasanya dilakukan untuk menyembunyikan konten yang dianggap tidak sesuai dengan kebijakan platform.

Baca Juga :  Syarat, Cara Urus dan Batas Waktu Pindah TPS Pemilu 2024

Di laman dukungan Google, disebutkan bahwa ada beberapa alasan mengapa sebuah video tidak muncul dalam hasil pencarian, dan bahwa hasil pencarian YouTube berusaha memberikan hasil yang paling relevan kepada pengguna.

Berikut komentar netizen yang dikutip dari media social x (dulu twitter) soal hilangnya film Dirty Vote di kanal youtube.

“Dokumenter dirty vote hilang dari pencarian di youtube (disembunyikan). Videonya masih ada cuman gabisa dicari. Lmao ain’t surprised at all,” tulis akun @brightestfajr

“Nyari di youtube Dirty Vote Nggak nemu, ada yang punya linknya?,” kata @ridwanhr

“Taktik 02 itu pake tribun buat video dirty vote hilang dari pencarian,” unggah akun @andreasstrp

“Memasukkan Dirty Vote ke folder download. Simpan dulu. Takut hilang dari youtube,” sindir @RagaMahendra. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================