Geger, Kuyang Teror Rumah Warga di Bogor. Begini Faktanya!

kuyang
Foto : Ilustrasi.

TIMETODAY.ID – Video yang menampilkan penampakan kuyang di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jhantuawa Barat viral di media sosial.

Kuyang atau krasue adalah sosok makhluk yang dikenal di masyarakat Kalimantan, yang diyakini sebagai manusia yang mencari ilmu hitam untuk mencapai kehidupan abadi.

Dalam rekaman video yang sedang viral, perekam mengarahkan kamera ke pintu yang berwarna putih. Video tersebut disertai narasi yang menyatakan bahwa satu keluarga merasa ketakutan karena adanya ‘kuyang’ yang dikabarkan mengincar bayi di rumah mereka.

Advertisement

Sosok yang disebut kuyang ini terlihat sebentar di kaca pintu dalam video, meskipun penampakannya tidak begitu jelas. Bayangan yang dianggap sebagai penampakan makhluk halus itu menimbulkan ketakutan bagi penghuni rumah, yang kemudian terdengar membaca doa yasin dan istigfar.

Pengakuan pemilik rumah

Pemilik rumah, Acep (36), mengakui bahwa ia dan keluarganya memang melihat penampakan di depan pintu rumahnya. Mereka merekam video untuk memastikan apakah penampakan tersebut bisa terekam.

Baca Juga :  Sepasang Kekasih Mesum di Restoran Terekam Kamera, Netizen : Gaya Elit Ekonomi Sulit

Acep menjelaskan bahwa mereka hanya mencoba mencari kepastian melalui rekaman video. Dia menambahkan bahwa saat penampakan direkam oleh istrinya dan anak-anaknya, bayangan hitam itu terlihat dengan jelas.

Penasaran, Acep keluar rumah dan bersama istri serta kedua anaknya, dia mengecek keberadaan apapun di depan pintu. Setelah memastikan bahwa tidak ada sesuatu yang aneh.

“Soal mengenai kuyang adalah hoaks, karena saya sendiri tidak melihatnya dan tidak memiliki bayi seperti yang disebutkan dalam narasi viral tersebut,” kata Acep.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Cipenjo, Yeni Lusiana Manaf, memberikan klarifikasi terkait informasi yang beredar.

Yeni menegaskan bahwa tidak ada kuyang di rumah warganya, dan menyatakan bahwa video yang menjadi viral bukan diunggah oleh pemilik rumah tersebut.

Menurut Yeni, kemungkinan besar seseorang melihat status pemilik rumah dan mengunggahnya tanpa konfirmasi langsung.

Baca Juga :  Imbas Kebakaran Gedung Indosat Ooredoo, Pelanggan Ramai-ramai Curhat di X

“Orang yang mengunggah video tersebut ke media sosial bukanlah pemilik rumah, mereka tidak saling kenal,” kata Yeni.

Tak cukup sampai disitu, Yeni juga menjelaskan bahwa orang tersebut hanya membuat status di aplikasi pesan instan (WA), dan kemungkinan ada yang mengunduhnya atau dibagikan oleh temannya.

Atas kabar tersebut, Yeni memberikan himbauan kepada warga desanya untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial guna menghindari penyebaran informasi yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat. Yeni memastikan bahwa situasi di wilayahnya tetap kondusif.

“Dalam menggunakan media sosial, kita harus lebih bijak agar tidak menimbulkan ketegangan, terutama yang dapat menyebabkan kecemasan di masyarakat. Di lingkungan kita, situasinya sebenarnya aman dan kondusif,” tegasnya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp TIMETODAY WA CHANNEL

=========================================================