Perkuat Kolaborasi Ciptakan Pemilu Damai Meminimalisir Politik Identitas di Bumi Tegar Beriman

PEMILU

TIMETODAY.ID – Untuk menciptakan Pemilu 2024 damai sukses tanpa konflik, Pemkab Bogor bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor perkuat komitmen dan sinergitas dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) se-Kabupaten Bogor dalam menjaga kondusifitas di wilayahnya masing-masing, yang berlangsung di Gedung Tegar Beriman, Selasa (9/1/24).

Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengatakan, sebagai aparatur penyelenggara negara, momentum Pemilu serentak 2024 memiliki tanggung jawab untuk memastikan pelaksanaan pesta demokrasi berjalan damai, aman, lancar, dan kondusifitas wilayah Kabupaten Bogor bisa terjaga.

“Ini adalah agenda strategis nasional, maka sama-sama kita pastikan bahwa Pemilu berjalan damai, aman lancar, kondusifitas wilayah terjamin, serta tercapai partisipasi pemilih dalam menyalurkan hak suaranya dalam rangka sukses kepemimpinan nasional lima tahun kedepan,” ujar Pj. Bupati Bogor.

Advertisement

Dalam kesempatan ini, Pj. Bupati Bogor juga menghimbau kepada seluruh Camat, Kades, Lurah dan seluruh Forkopimcam untuk masif melakukan edukasi terkait pendidikan politik kepada seluruh masyarakat. Juga mengajak seluruh tokoh informal seperti kyai, dan alim ulama yang mempunyai basis massa sebagai jamaah yang besar untuk juga turut aktif mengedukasi masyarakat.

Baca Juga :  BULLYING JUGA DIALAMI SEKOLAH INTERNASIONAL

“Saya juga himbau dan ingatkan kades serta lurah agar jangan pernah berhenti, jangan lelah untuk mengajak masyarakat di wilayahnya masing-masing untuk mengajak agar melaksanakan hak politiknya, hak konstitusi dalam rangka memilih pemimpin negeri,” ungkapnya.

PEMILU

Kapolres Bogor, AKBP Rio Wahyu Anggoro mengajak seluruh stakeholder untuk menghindari politik identitas, karena politik identitas bisa mengancam ketentraman kamtibmas, menimbulkan perpecahan, menimbulkan paham primordial, menganggap orang lain di luar identitasnya adalah musuh, masyarakat jadi hancur gara-gara politik identitas.

“Itu tidak boleh terjadi, kita adalah bangsa yang besar punya Bhineka Tunggal Ika, Pancasila, dan UUD untuk menjaga kesatuan NKRI. Jangan sampai politik identitas masuk ke seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Bogor,” tegas Kapolres Bogor.

Lanjut Rio, berkaitan peran Polres Bogor dalam Pemilu serentak 2024 baik Pilpres maupun Pileg pertama adalah melaksanakan pertukaran data informasi bersama Pj. Bupati Bogor, Forkopimda, Forkopimcam dan elemen masyarakat agar terwujudnya situasi aman.

Kemudian bantuan pengamanan dengan TNI untuk mereduksi setiap permasalahan yang ada dimulai dari tingkat RT dan RW, supaya masalah besar kita kecilkan, masalah kecil kita tiadakan dengan menjunjung tinggi asas keadilan ditegakkan di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga :  Atang Trisnanto Dorong Pemberian THR Lebaran bagi Warga Kota Bogor Terdampak Bencana

PEMILU

Pihaknya juga telah melakukan MoU dengan KPU dan Bawaslu untuk bersama-sama menjalankan proses pengamanan Pemilu 2024 berjalan dengan baik. Lalu peningkatan kualitas dan pemanfaatan SDM melalui pelatihan agar seluruh personel bisa paham bagaimana pola pengamanan di TPS bisa kondusif dan aman.

“Termasuk pemanfaatan sarana dan prasarana peralatan yang kita miliki sudah kami siapkan untuk melayani masyarakat Kabupaten Bogor. Juga penegakan hukum di Kabupaten Bogor saya sudah memerintahkan Kasat Reskrim, Kasat Narkoba, dan seluruh Polsek sebagai upaya terakhir dalam penegakan hukum,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni, jajaran pejabat Pemkab Bogor, Kapolres Kota Depok, Dandim 0508 Kota Depok, jajaran KPU Kabupaten Bogor, Bawaslu Kabupaten Bogor, Camat se-Kabupaten Bogor, Kades dan Lurah se-Kabupaten Bogor.(Adv)

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp TIMETODAY WA CHANNEL

=========================================================