2,3 Juta Formasi CPNS 2024 Dibuka, Fresh Graduate Buruan Daftar!

CPNS 2024

TIMETODAY.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membuka peluang bagi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN/CPNS) dengan total 2,3 juta formasi CPNS 2024. Dari jumlah tersebut, 690 ribu diperuntukkan khusus bagi lulusan baru atau fresh graduate.

“Pemerintah memberi kesempatan kepada para lulusan baru dengan membuka 690 ribu formasi CPNS 2024, tersebar di instansi pusat sebanyak 207 ribu dan di daerah sebanyak 483 ribu,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Jumat (5/1).

Secara rinci, formasi CPNS 2024 ini terbagi menjadi Pekerja Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 1,6 juta dan fresh graduate sebanyak 690 ribu.

Advertisement
Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Bogor Hari Ini, Senin 15 April 2024

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, pembukaan lowongan CPNS 2024 untuk fresh graduate dilakukan sesuai instruksi Jokowi, sehingga jumlahnya signifikan.

Pada tahun sebelumnya, formasi untuk fresh graduate hanya 28 ribu orang, sementara pada tahun ini mencapai 690 ribu orang, menunjukkan peningkatan yang sangat besar.

“Rekrutmen talenta-talenta baru, khususnya fresh graduate, dilakukan melalui seleksi CPNS. Talenta-talenta baru ini nantinya akan menjadi tenaga digital untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang merata di seluruh Indonesia, termasuk untuk Implementasi Kebijakan Nawa Cita (IKN),” jelas Azwar.

Baca Juga :  Uhuuy! Berkat Foto Konyolnya, Komeng Unggul Kalahkan Jihan Fahira

Sementara itu, proses seleksi kemungkinan akan dimulai pada Maret 2024.

“Pada bulan ini (Januari 2024), tidak langsung terjadi rekrutmen otomatis. Ada proses pengumuman dan tahapan A, B, C, D. Kemungkinan besar, seleksi baru akan dibuka pada bulan Maret atau April,” tambah Anas. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp TIMETODAY WA CHANNEL

=========================================================