Lomba Profil Desa Tahun 2023, Berikut Pemenangnya

LOMBA

TIMETODAY.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) memberikan penghargaan kepada para juara Lomba Video Profil Desa tingkat Kabupaten Bogor tahun 2023. Penghargaan diserahkan Sekretaris Daerah (Sekda), Burhanudin, di Hotel Grand Ussu, Cisarua, Rabu (6/12/2023).

Hadir pada kegiatan tersebut, Selain penganugerahan Lomba Video Profil Desa, terdapat pula penganugerahan Desa Mandiri tahun 2023 dari Menteri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia. Serta penghargaan kepada Pendamping Desa atau pendamping lokal desa sebagai pendamping terbaik desa.

Acara dihadiri Kepala DPMD beserta jajaran Pemkab Bogor, para Camat dan kepala desa. Mewakili Bupati Bogor, Sekda Burhanudin menyampaikan selamat kepada desa yang berhasil memenangkan lomba video profil desa dan desa yang menjadi desa mandiri tahun ini.

Advertisement

Lomba video profil desa, merupakan salah satu upaya, mendorong desa agar mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital untuk memajukan desa,” ujar Burhanudin.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka Munaslub APEKSI di Kota Bogor

Ia menjelaskan, selain itu Lomba Video Profil desa juga bertujuan menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat kepada suasana pedesaan, mengangkat potensi dan pesona desa dan mengundang khalayak untuk berkunjung dan berwisata. Saat ini di Kabupaten Bogor terdapat 64 desa wisata yang resmi terbentuk, harapannya jumlah ini akan terus bertambah mengingat potensi yang dimiliki Kabupaten Bogor begitu besar.

“Atas nama Pemkab Bogor, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh penyelenggara pemerintahan desa, para pendamping desa yang luar biasa serta semua pihak yang telah berkontribusi pada kemajuan pembangunan perdesaan di Kabupaten Bogor,” kata Burhanudin.

Burhanudin menambahkan, semoga prestasi yang diraih dapat menambah motivasi jajaran pemerintahan desa dan para pendamping desa untuk semakin kreatif berinovasi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah menerangkan, tema lomba yaitu inovasi pelayanan desa dengan muatan kesehatan, pendidikan, administrasi pemerintahan, sarana prasarana desa, kearifan lokal desa.

Baca Juga :  Rangkaian HUT ke-14, RSUD Leuwiliang Santuni Anak Yatim

“Peserta hari ini terdiri 39 desa dari 17 kecamatan yang meraih penghargaan sebagai desa dengan status mandiri. 23 desa yang mengikuti Lomba Video Profil Desa, serta empat pendamping desa atau pendamping lokal desa sebagai pendamping terbaik desa tingkat kabupaten Bogor,” terangnya.

Renaldi melanjutkan, sebagai bentuk apresiasi dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia kepada 39 desa yang akan berstatus mandiri mendapatkan piagam penghargaan.

Untuk diketahui, para pemenang Lomba Video Profil Desa tahun 2023 diantaranya, juara pertama, Desa Leuwimalang Kecamatan Cisarua. Juara kedua, Desa Bojonggede Kecamatan Bojonggede, juara ketiga, Desa Kemang Kecamatan Kemang. Dan juara keempat, Desa Cibedug Kecamatan Ciawi. *** 

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================