Saka Amal Bakti Periode 2022-2027 Resmi Dilantik

TIMETODAY.ID, BOGOR Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Bogor secara resmi melantik kepengurusan Saka Amal Bakti Kementerian Agama Kabupaten Bogor Periode 2022 -227 di Aula Ponpes Darul Mutaqien, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Kamis (4/1/2023).

“Alhamdulillah, hari ini kita telah resmi dilantik oleh Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor,” kata Ketua, Saka Amal Bakti Kemenag Kabupaten Bogor, Ade Sarmili.

Dia mengatakan, pelantikan Saka Amal Bakti ini merupakan periode baru dalam kepramukaan khususnya di Kementerian Agama Kabupaten Bogor, karena dengan adanya saka ini banyak hal yang mesti dikerjakan utamanya dalam hal pengabdian terhadap masyarakat.

Advertisement

“Didalam Saka ini ada banyak krida atau pengamalan mulai dari krida budaya dan literasi, krida kerukunan umat dan krida haji dan umroh. Artinya, ini bagian yang mesti menjadi perhatian kita Bersama,” tandasnya.

Baca Juga :  859 Mahasiswa Unpak Gelombang Pertama Tahun 2024 Diwisuda

Dirinya berharap, setelah pelantikan ini ada banyak pekerjaan rumah menanti dalam hal program kerja yang dalam waktu dekat harus disusun oleh para pengurus. “Setelah ini, kita akan masuk ke tahap pembentukan program kerja,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor, Agus Ridallah mengatakan, Satuan Karya (Saka) merupakan wadah pendidikan kepramukaan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat, dan meningkatkan pengetahuan, kemempuan, keterampilan dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang kejuruan.

Selain itu, juga meningkatkan motivasinya untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupan dan penghidupannya, serta bekal pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Baca Juga :  Rudy Sentil Disdik Antisipasi Kekerasan Seksual

Tentunya ini sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan, dalam rangka peningkatan ketahanan nasional.

“Secara tujuan pembentukan saka sangat mulia, karena ini menjadi tuntutan pembangunan dalam rangka mewujudkan Indonesia jaya,” kata Agus.

Untuk pembentukan Saka Amal bakti Kemenag, dirinya sangat mendukung karena banyaknya lembaga Pendidikan keagamaan di Kabupaten Bogor ini menjadi peluang pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Bogor.

“Kami ingin memberi bekal bagi pengabdiannya pada masyarakat, bangsa dan negara guna menunjang pembangunan nasional. Sehingga dapat meningkatkan mutu dan tarf kehidupan serta dinamika gerakan pramuka, serta peranannya dalam pembangunan nasional,” pungkasnya. (ags)

=========================================================