Komisi 1 DPRD Kabupaten Bogor Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi Pelaku UMKM

KOMISI 1 DPRD KABUPATEN BOGOR

TIMETODAY.ID, BOGOR – Langkah konkrit Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam meluncurkan program relaksasi pajak dalam percepatan pemulihan ekonomi, khususnya bagi para pelaku UMKM yang terkena dampak pandemi.

“Dampak Pandemi ini sama-sama kita tau bahwa dampaknya luar biasa, terlebih saya sering berkomunikasi dengan para pelaku UMKM itu sendiri, yang mana kondisi usaha mereka saat ini masih dalam kondisi berat sehingga perlu didorong agar agar segera bangkit dan membaik,” ujar Anggota DPRD Kabupaten Bogor, Dadeng Wahyudi.

KOMISI 1 DPRD KABUPATEN BOGOR

Advertisement

Dadeng berjanji akan mendorong agar dinas mampu melakukan efesiensi dan memusatkan atau memfokuskan kembali anggaran program kerja SKPD agar kegiatannya betul-betul bersentuhan langsung dengan penanggulangan dampak pandemic.

Baca Juga :  Ini Hasil Rakerda PWI Kabupaten Bogor Untuk Program Tahun 2024

“Sebagai pemakai anggaran, SKPD harus betul-betul profesional dan mengutamakan belanja langsung untuk meringankan beban masyarakat, sebab perioritas alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) itu pemanfaatannya langsung untuk masyarakat bawah,” ungkap anggota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Bogor itu.

Disamping itu, selain meminta dilakukannya pendataan, Anggota DPRD Komisi 1 dari daerah pemilihan (Dapil) wilayah V ini meminta agar para pelaku UMKM yang terkena dampak pandemi diberikan pendampingan agar mampu keluar dari zona kerisis.

Baca Juga :  Masih Ada Wilayah di Kabupaten Bogor Tanpa Listrik

Dia juga meminta kepada Pemkab Bogor untuk memperbanyak pelatihan kepada kelompok usia produktif untuk menciptakan ekonomi kreatif berbasis keunggulan daerah, dan jaringan pengamanan sosial seperti padat karya agar masyarakat yang terdampak dari pemutusan hubungan kerja karna pandemi bisa bertahan di tengah kesulitan ekonomi.

“Seperti program pertanian, pengolahan hasil dari pertanian itu sendiri bisa jadi solusi tambahan yang selain. Meningkatkan ketahanan di satu sisi sekaligus menciptakan peluang usaha untuk membantu pendapatan masyarakat,” pungkasnya. (*/Didin/CR)

=========================================================