“Icalan Day” Wujudkan Siswa MAN 2 Bogor Jadi Pengusaha

MAN 2 Bogor
“Icalan Day” Wujudkan Siswa MAN 2 Bogor Jadi Pengusaha. Foto : Ist.

TIMETODAY.ID – Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5RA), merupakan proyek wajib bagi lembaga pendidikan yang menggunakan Kurikulum Merdeka.

Proyek P5RA ini adalah bagian dari Struktur Kurikulum Merdeka yang telah diluncurkan oleh Kemendikbudristek dan Kemenag RI. Pada kesempatan kali ini, siswa MAN 2 Bogor menjalankan proyek P5RA dengan tema kewirausahaan, yang dilaksanakan di halaman MAN 2 Bogor, Rabu, (13/6/2024).

Kepala MAN 2 Bogor, Safwan Maulana, menyatakan bahwa sebagai pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka, MAN 2 Bogor memilih tiga tema proyek untuk tahun ajaran 2023/2024. Pada proyek pertama yang dilakukan pada semester ganjil, tema yang diusung adalah “Gaya Hidup Berkelanjutan” dengan topik utama “Kemanfaatan Sampah”. Proyek kedua kali ini mengambil tema “Kewirausahaan” dengan topik “Icalan Day”.

Advertisement
Baca Juga :  Unpak Dukung Sinergi Antar Perguruan Tinggi Wilayah LLDikti IV

“Prinsip utama kami adalah pendekatan edukatif, di mana setiap program kegiatan dapat mengedukasi siswa untuk terlibat aktif dan ide-ide berasal dari siswa dengan pendampingan guru. Dengan demikian, mereka memiliki keyakinan akan usaha mereka dalam belajar, termasuk kewirausahaan ini,” beber Safwan.

Sementara itu, Wakil Kepala Kurikulum MAN 2 Bogor, Iqbal Muhammad Noor, menambahkan bahwa acara “Icalan Day” ini merupakan salah satu bentuk laporan atas implementasi elemen P5RA yang telah dilakukan selama semester ini. Kegiatan ini adalah hasil dari berbagai aktivitas yang telah dilakukan oleh siswa MAN 2 Bogor.

Baca Juga :  Revitalisasi Budaya Indonesia Melalui Digitalisasi

“Dalam implementasi kewirausahaan ini, siswa diajarkan tidak hanya berjualan, tetapi juga belajar terlebih dahulu bagaimana menjadi pengusaha yang berakhlak mulia, kreatif, dan mandiri. Sehingga, ketika mereka nanti menjalankan bisnis, mereka menjadi pengusaha yang kreatif dan Islami,” tuntasny. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================