Jelang Pilkada, KPU Kota Bogor Resmi Luncurkan Maskot dan Jingle Pemilu

Pilkada
KPU Kota Bogor meluncuran maskot Pilkada Kota Bogor 2024di gedung Poetri Ballrom SKI, Bogor, Jawa Barat, Minggu (9/6/2024) malam. Foto : timetoday.id

TIMETODAY.ID – Proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Bogor tahun 2024 secara resmi dimulai. Acara peluncuran ini menandai awal dari serangkaian tahapan menuju pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor yang akan diadakan pada November mendatang.

Acara peluncuran Pilkada Kota Bogor 2024 diadakan di Gedung Poetri Ballroom, Minggu (9/6/2024) dengan dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah, perwakilan partai politik, dan masyarakat umum.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, Habibi Zaenal Arifin, menyatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan segala keperluan untuk kesuksesan Pilkada 2024, termasuk pembentukan badan ad hoc yang mencakup 6 kecamatan dan 68 kelurahan.

Advertisement

“Dalam acara malam ini, KPU Kota Bogor telah meluncurkan maskot dan jingle pemilu Kota Bogor 2024,” kata Habibi kepada wartawan.

Habibi menjelaskan bahwa maskot yang dipilih berasal dari binatang Uncal, yang khas dari Kota Bogor. Nama maskot tersebut adalah Kang Daru, yang berarti Pilkada seru, dan Teh Dara, yang berarti Pilkada gembira.

Baca Juga :  Jadi Salah Satu Wilayah Terluas di Jawa Barat, Ketua DPRD Rudy Susmanto Ingin Kabupaten Bogor Punya Moda Transportasi Memadai

“Kami berharap pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor menjadi sebuah proses yang menggembirakan bagi seluruh masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menegaskan komitmen untuk menyelenggarakan Pilkada yang transparan, akuntabel, dan bebas dari kecurangan. Persiapan teknis dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait juga telah dilakukan untuk memastikan pelaksanaan Pilkada berjalan dengan lancar.

Dengan peluncuran ini, diharapkan semua elemen masyarakat Bogor dapat bekerja sama untuk menciptakan pemilihan yang demokratis dan berintegritas, serta memilih pemimpin terbaik yang akan membawa Kota Bogor ke masa depan yang lebih baik.

Sementara itu, Ketua KPU Jawa Barat, Ummi Wahyuni, menyampaikan bahwa Jawa Barat memiliki jumlah pemilih terbesar di Indonesia, termasuk Kota Bogor.

Baca Juga :  Polisi Bongkar Sindikat Penyalahgunaan BBM Bersubsidi di Bogor

“Kota Bogor, meskipun merupakan kota, memiliki jumlah pemilih yang hampir sama dengan kabupaten/kota lain di Jawa Barat,” tambah Ummi.

Menurut Ummi, pelaksanaan pemilu 2024 di Jawa Barat mengalami peningkatan partisipasi. Pada pemilu 2019, tingkat partisipasi mencapai 79,8 persen, dan pada pemilu 2024 diperkirakan naik hampir 3% menjadi 82,3%.

“Ini merupakan dukungan dari teman-teman KPU Kota Bogor,” ujar mantan Ketua KPU Kabupaten Bogor tersebut.

Ummi berharap pelaksanaan Pilkada 2024 di Kota Bogor dapat berjalan sesuai dengan tagline Pilkada 2024 di Jawa Barat, yaitu “gemilang gembira, memilih langsung”.

Selain itu, Ummi mengajak masyarakat Kota Bogor untuk berpartisipasi aktif dan cerdas dengan datang ke TPS pada 27 November.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================