Kisah Sopian Temukan Serpihan Peluru Kala Gudang Amunisi Meledak

Gudang amunisi
Detik detik gudang amunisi milik Kodam Jaya di Bogor Meledak. Foto : tangkapan layar video.

TIMETODAY.ID – Seorang warga bernama Sopian mengungkapkan bahwa dia menemukan pecahan peluru saat melakukan evakuasi warga di sekitar Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Paldam Jaya, Ciangsana, Kabupaten Bogor, Sabtu (30/3/2024) malam.

“Ketika kami sedang bertugas di pos, sekitar 300 meter dari lokasi ledakan, saya melihat tepat di atas kepala saya ada pecahan peluru. Saya dan teman-teman kemudian mengambil pecahan tersebut ketika melihat sisa-sisa yang tersisa,” kata Sopian kepada wartawan, Minggu (31/3/2024) dini hari.

Sopian menemukan satu pecahan peluru tersebut sekitar satu jam setelah ledakan pertama di gudang terjadi, pada saat suara ledakan sangat keras.

Advertisement
Baca Juga :  Kembali Bertarung di Pilkada Bogor, Jaro Ade Buka Peluang Koalisi

“Sekitar satu jam setelahnya, tepatnya saat kami berjaga di sana bersama teman-teman dari pemerintah desa, pada saat ledakan sangat sering terjadi. Saat itu, pecahan peluru itu berada di atas kepala kami, dan kami mengambil satu potongannya,” tambah Sopian.

Sebelumnya, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan telah membenarkan bahwa sebanyak 15 gudang amunisi senjata milik TNI AD di Ciangsana, Kabupaten Bekasi, terbakar pada Sabtu malam.

“Sebanyak 15 gudang terbakar. Namun, kami meyakinkan bahwa sistem penyimpanan sudah sesuai dengan prosedur karena semuanya berada di bunker, dan kondisi amunisi yang sudah kadaluarsa ini sebenarnya sudah aman dari ledakan, tetapi kita tidak bisa memastikan arah terbangnya amunisi,” kata Hasan.

Baca Juga :  Terungkap, Ini Penyebab Ledakan Gudang Amunisi di Bogor

Hasan juga menjelaskan bahwa ledakan dan kebakaran di gudang senjata tersebut disebabkan oleh adanya amunisi yang sudah kadaluarsa. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================