BI Siapkan 4.173 Titik Lokasi Penukaran Uang Baru

BI
Ilustrasi.

TIMETODAY.IDBank Indonesia (BI) luncurkan acara Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024, di Gedung BI, Jakarta, belum lama ini.

Pada kesempatan tersebut, disampaikan bahwa BI bersama bank-bank nasional telah menyiapkan 4.713 lokasi penukaran uang baru untuk memenuhi kebutuhan Lebaran 2024. Lokasi penukaran uang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Dalam hal penukaran uang, kami akan berupaya untuk memenuhi kebutuhan hingga tingkat regional,” ungkap Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim.

Advertisement

Marlison menjelaskan bahwa penukaran uang yang termasuk dalam program Serambi 2024 akan dilaksanakan dari tanggal 15 Maret hingga 5 April 2024. BI akan menyediakan layanan penukaran uang melalui 449 lokasi.

Baca Juga :  H-1 Ramadan Harga Sembako di Pasar Dramaga Meroket, Daging Sapi Tembus 150.000 Per Kilogram

Sementara itu, bank-bank nasional akan menyiapkan 4.264 lokasi penukaran di kantor pusat dan cabang mereka di seluruh Indonesia. Secara total, BI telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 197,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri 2024.

Jumlah tersebut mencakup semua kebutuhan uang tunai bagi masyarakat Indonesia, termasuk kebutuhan penukaran uang. Angka ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp 188,8 triliun.

Selain itu, proyeksi juga mempertimbangkan peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat selama periode Ramadan dan Idul Fitri. BI akan menyediakan uang pecahan besar sebesar Rp 172,8 triliun dan uang pecahan kecil sebesar Rp 24,6 triliun.

Baca Juga :  Zulkifli Hasan Klaim Harga Pangan di Bogor Jelang Nataru Aman dan Stabil

BI juga memprediksi bahwa perputaran uang selama Ramadan dan Idul Fitri akan mencapai puncaknya di Jawa dengan total Rp 119,9 triliun, sementara jumlah paling rendah terjadi di Bali dan Nusa Tenggara dengan total Rp 7,7 triliun. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================