Instagram, Facebook hingga Messenger Down, Ribuan Pengguna Kesulitan Mengakses Medsos

Instagram
Ilustrasi.

TIMETODAY.ID – Ratusan ribu pengguna di berbagai belahan dunia menghadapi kesulitan mengakses platform media sosial Meta, termasuk Facebook, Messenger, dan Instagram, Selasa (5/3/2024).

Masalah ini muncul sekitar pukul 10:20 ET (15:20 WIB) dan memengaruhi fungsionalitas aplikasi dan situs web media sosial tersebut.

Menurut DownDetector, sebuah situs web yang memantau pemadaman online, lebih dari 200.000 orang di Amerika Serikat mengalami kesulitan mengakses Facebook.

Advertisement

Lebih dari 30.000 pengguna Instagram dan lebih dari 8.000 pengguna Messenger juga melaporkan masalah serupa.

Penyebab pasti dari gangguan ini masih belum jelas, dan hingga saat ini, Meta belum merilis pernyataan resmi terkait insiden ini.

Baca Juga :  Waspada Penipuan Gaya Baru Beredar di Platform Instagram dan Facebook

Belum ada konfirmasi resmi mengenai sumber masalah ini. Beberapa pengguna juga mengalami kesulitan dalam mereset kata sandi dan menggunakan verifikasi dua langkah untuk masuk ke akun mereka.

Gangguan ini menjadi perhatian serius, terutama bagi bisnis yang mengandalkan Facebook sebagai platform pemasaran utama.

Insiden ini menyoroti kembali peran vital Facebook dalam komunikasi global. Para pengguna yang terpengaruh beralih ke platform media sosial lain untuk menyampaikan keluhan dan mencari informasi terbaru, menggunakan tagar #FacebookDown yang menjadi trending topic.

Baca Juga :  Google Umumkan Daftar Pencarian Terpopuler Sepanjang 2023

Instagram, yang juga dimiliki oleh Meta, juga terkena dampak gangguan ini, terutama bagi pengguna desktop. Namun, sebagian besar pengguna aplikasi Instagram masih dapat mengakses platform tersebut.

Hingga saat ini, Meta belum memberikan informasi resmi tentang perkiraan waktu pemulihan penuh layanan. Mereka mendorong pengguna untuk mengikuti perkembangan terbaru melalui saluran resmi perusahaan Meta. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================