Kelvin Kiptum, Pelari Maraton Dunia Tewas Kecelakaan

Kelvin Kiptum
CHICAGO, ILLINOIS - OCTOBER 08: Kelvin Kiptum of Kenya celebrates after winning the 2023 Chicago Marathon professional men's division and setting a world record marathon time of 2:00.35 at Grant Park on October 08, 2023 in Chicago, Illinois. (Photo by Michael Reaves/Getty Images)

TIMETODAY.ID –  Kelvin Kiptum (24), seorang atlet Kenya pemegang rekor dunia dalam lari maraton putra dilaporkan meninggal dunia dalam kecelakaan kendaraan bermotor.

Melansir BBC, Senin (12/2/204) Kiptum dan pelatihnya, Gervais Hakizimana dari Rwanda, kehilangan nyawa dalam kecelakaan mobil di wilayah barat Kenya pada Minggu (11/2/2024) kemarin.

Atas peristiwa itu, Menteri Olahraga Kenya, Ababu Namwamba, menyampaikan kesedihan yang mendalam atas kepergian Kiptum. Raila Odinga, pemimpin oposisi Kenya dan mantan perdana menteri Kenya, juga menggambarkan Kiptum sebagai pahlawan sejati yang meninggalkan warisan luar biasa bagi dunia atletik Kenya.

Advertisement
Baca Juga :  Presiden FIFA Yakin Qatar 2022 Akan Jadi Piala Dunia Terbaik

Pada tahun 2023, Kiptum mencapai pencapaian luar biasa sebagai pesaing Eliud Kipchoge, rekan senegaranya yang juga dikenal sebagai salah satu pelari maraton terbaik.

Kiptum mencatat rekor lari maraton (42 kilometer) dengan waktu 2:00:35 di Chicago pada bulan Oktober 2023, mengungguli pencapaian Kipchoge dengan waktu 2:01:09. Kedua atlet tersebut telah terpilih untuk menjadi bagian dari tim maraton Kenya untuk Olimpiade Paris pada akhir tahun ini.

Baca Juga :  Atlet IPSI Harus Profesional dan Berprestasi

Kecelakaan tragis itu terjadi sekitar pukul 23.00 waktu setempat. Menurut pernyataan pihak kepolisian, Kiptum kehilangan kendali saat mengemudi dan mobilnya terguling di jalan.

Pekan sebelumnya, Kiptum baru saja mengumumkan rencananya untuk mencoba memecahkan rekor lari maraton di bawah dua jam dalam kompetisi terbuka di Rotterdam, sebuah pencapaian yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam dunia maraton.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================