Simak Peringatan Penting 4 Januari 2024 yang Jarang Orang Ketahui

4 Januari 2024
Foto : Freepik.com

TIMETODAY.ID – Pada tanggal 4 Januari 2024, hari Kamis, diperingati sebagai Hari Braille Sedunia, sebuah perayaan tahunan yang menghormati kontribusi sistem huruf Braille dalam mendukung pembacaan bagi mereka yang tunanetra.

Hari Braille Sedunia diadakan setiap tahun pada tanggal 4 Januari, memperingati penciptaan huruf Braille yang memainkan peran krusial dalam memberikan akses membaca bagi individu yang mengalami kebutaan.

Sistem ini dinamai sesuai dengan penemunya, Louis Braille, seorang warga Perancis yang kehilangan penglihatannya pada usia muda.

Advertisement
Baca Juga :  Mengulas Sejarah Hari Braille Sedunia yang Diperingati 4 Januari

Melansir National Today, Louis Braille menghabiskan masa kecilnya di Royal Institute for Blind Youth di Perancis, di mana ia mengembangkan dan menyempurnakan sistem titik timbul yang kemudian dikenal sebagai Braille.

Huruf-huruf Braille terdiri dari titik-titik yang timbul membentuk pola, memungkinkan individu tunanetra untuk merasakan seluruh unit dengan satu sentuhan dan dengan cepat beralih dari satu sel ke sel berikutnya.

Baca Juga :  Deretan Hari Penting 22 Desember yang Jarang Diketahui, Selain Hari Ibu

Pada November 2018, PBB secara resmi menetapkan Hari Braille Sedunia, dengan memilih tanggal 4 Januari sebagai momen peringatan ulang tahun Louis Braille.

Perayaan ini menandai penghargaan global terhadap sistem yang telah memberikan kemampuan membaca kepada banyak orang yang tidak memiliki penglihatan. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp TIMETODAY WA CHANNEL

=========================================================