BMKG Terbitkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi, Rabu 27 Desember 2023

BMKG
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan terkait potensi gelombang tinggi di sejumlah wilayah perairan pada Rabu (27/12/2023) mulai pukul 7.00 WIB.

Pada periode tersebut, arah angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari timur laut ke timur dengan kecepatan angin berkisar antara 4-25 knot.

Sementara di wilayah Indonesia bagian selatan, arah angin cenderung dari tenggara ke barat daya dengan kecepatan 4-20 knot. Kecepatan angin tertinggi tercatat di Selat Malaka bagian utara dan Laut Natuna Utara.

Advertisement

Ikuti terus berita terhangat dari timetoday.id via whatsapp TIMETODAY WA CHANNEL

Gelombang Sedang (1,25-2,50 Meter)

Diperkirakan gelombang sedang akan terjadi di beberapa wilayah, termasuk Selat Malaka bagian utara, perairan Aceh, perairan barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, perairan Pulau Enggano hingga Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudera Hindia barat Sumatera, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten hingga Jawa Timur, dan perairan selatan Bali hingga Pulau Sumba.

Baca Juga :  PNS Auto Full Senyum, THR 2024 Bakal Cair H-10 Lebaran

Gelombang sedang juga diprediksi di Selat Sunda, Badung, Lombok, dan Alas bagian selatan, Selat Sumba bagian Barat, Laut Sawu bagian Selatan, Samudera Hindia selatan Banten hingga NTT, perairan selatan Kepulauan Anambas, perairan Kepulauan Bintan, perairan selatan Kepulauan Natuna hingga Pulai Midai, laut Natuna, Laut Sulawesi bagian tengah dan timur.

Baca Juga :  Lokasi Layanan SIM Keliling Bogor, Senin 1 April 2024

Selanjutnya, di perairan Kepulauan Sangihe hingga Kepulauan Talaud, perairan Kepulauan Sitaro hingga Bitung, Laut Maluku bagian utara, perairan utara dan timur Halmahera, Laut Halmahera, perairan utara Papua barat hingga Papua, serta Samudera Pasifik utara Papua Barat hingga Papua.

Gelombang Tinggi (2,5-4 Meter)

Perkiraan gelombang tinggi mencakup wilayah perairan utara Sabang, perairan utara Kepulauan Anambas, perairan barat dan utara Kepulauan Natuna, serta perairan Kepulauan Subi hingga Serasan.

Gelombang Sangat Tinggi (4-6 Meter)

Gelombang sangat tinggi diprediksi akan terjadi di Laut Natuna utara. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================