3 Langkah Mengatasi Whatsapp yang Kena Hack

WhatsApp
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Sebagai salah satu aplikasi obrolan yang sangat populer, WhatsApp (WA) sering menjadi target para peretas.

Hal ini mengakibatkan banyak orang mengalami peng-hack atau peretasan akun WhatsApp mereka oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ketika akun WhatsApp di-hack, pengguna akan terusir dari akun mereka dan tidak dapat menggunakan fitur obrolan dengan orang lain.

Advertisement

Umumnya, kejadian ini menimbulkan kepanikan karena akun dianggap hilang.

Jika Anda menghadapi situasi ini, tidak perlu khawatir karena ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk memulihkan akun WhatsApp.

Berikut adalah tiga cara untuk mengembalikan akun WhatsApp yang di-hack:

  1. Hubungi pusat bantuan WhatsApp

Anda dapat segera menghubungi pusat bantuan WhatsApp dengan mengirimkan email ke [email protected].

Tuliskan email yang menjelaskan situasi akun WhatsApp Anda yang telah diretas, dengan subjek “Akun WhatsApp pribadi di-hack” atau “My WhatsApp account got hacked.”

Baca Juga :  17 Fitur Google Assistant Hilang, Pasca Karyawan di PHK

Sertakan kronologi kejadian dan bukti yang mendukung, lengkap dengan nomor telepon yang digunakan untuk akun WhatsApp Anda (dengan kode internasional, misalnya, Indonesia menggunakan (+62)).

WhatsApp akan memberikan panduan lebih lanjut, termasuk apakah akun akan dinonaktifkan atau dinonaktifkan sementara. Untuk mengaktifkan kembali akun, disarankan untuk melakukan login ulang pada ponsel Anda.

Selain melalui email, Anda juga dapat menghubungi pusat bantuan WhatsApp melalui situs https://www.whatsapp.com/contact/?subject=messenger.

  1. Log-in ulang

Jika peretas belum mengganti nomor ponsel pada akun WhatsApp Anda, Anda dapat mengembalikan akun dengan melakukan login ulang.

Caranya sederhana: buka aplikasi WhatsApp, masukkan nomor ponsel yang digunakan untuk membuat akun, masukkan kode verifikasi enam digit yang diterima melalui SMS, dan setelah login ulang, peretas akan otomatis dikeluarkan dari akun.

Baca Juga :  Fitur Jajak Pendapat di Channels WhatsApp Mulai Diuji

Jika peretas telah mengaktifkan verifikasi dua arah dan Anda tidak mengetahui kode tersebut, tunggu tujuh hari sebelum melakukan login.

Setelah tujuh hari, Anda dapat login tanpa perlu memasukkan kode verifikasi dua arah.

  1. Tambahkan verifikasi dua langkah

Untuk mencegah serangan peretas, Anda dapat meningkatkan keamanan akun WhatsApp dengan menambahkan verifikasi dua langkah.

Caranya mudah: buka aplikasi WhatsApp, buka “Settings” dan pilih “Account,” kemudian pilih “Two-Step Verification” atau “Verifikasi Dua Langkah.” Aktifkan fitur ini, masukkan PIN unik enam digit, dan tambahkan alamat email untuk memulihkan akun jika Anda lupa PIN.

Semoga langkah-langkah di atas membantu Anda mengembalikan akun WhatsApp yang di-hack atau diretas. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================