Cycling de Jabar 2022
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas 100 atlet sepeda pada even Cycling de Jabar 2022 di Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/08/2022). Foto : Fadilah/bogor-today.com

TIMETODAY.ID, SUKABUMI – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap Cycling de Jabar 2022 bisa membantu mempromosikan wisata yang ada di Jabar, sehingga mampu menarik kedatangan wisatawan dari berbagai daerah dan negara. Itu ia ungkapkan usai melepaskan 100 atlet pesepeda di Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/08/2022)

Selain sebagai ajang promosi wisata yang dimiliki Jabar, Cycling de Jabar 2022 bertujuan memulihkan kembali perekonomian warga pasca pandemi COVID-19.

Cycling de Jabar 2022

Advertisement

“Jawa Barat bagian Selatan ini banyak sekali pemandangan yang indah pinggir pantai dimana paska even Cycling de Jabar 2022 para pesepeda yang mengikuti kegiatan ini tidak hanya sebatas olahraga tetapi bisa menikmati keindahan alam,”kata Ridwan Kamil kepada media.

Kegiatan Cycling de Jabar 2022 dimulai dari pantai Geopark Ciletuh dan finish di Pangandaran, Ciamis , Jawa Barat dengan melewati beberapa kabupaten di antaranya, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Pangandaran dengan jarak tempuh sejauh 367,5 kilometer.

Baca Juga :  Berikut Jadwal Dokter di RSUD Leuwiliang Periode Januari 2024

Untuk rute awal para pesepeda menuju finish di Pantai Rancabuaya, Kabupaten Garut. Kemudian, peserta melanjutkan perjalanan pada Minggu atau etape dua yang titik akhirnya berada di Alun-Alun Paamprokan, Pangandaran.

Cycling de Jabar 2022

Para pesepeda melewati trek yang bervariasi, mulai dari tanjakan yang biasa sampai yang ekstrem, turunan, tikungan tajam, hingga jalan mulus datar. Namun selama perjalanan pesepeda bisa menikmati keindahan panorama alam.

“Event ini nantinya akan kami masukan dalam kalender even tahunan Provinsi Jawa Barat, agar terus dapat dilaksanakan,”pungkasnya.

Sementara, anggota komisi V DPR RI Mulyadi mengapresiasi even olahraga tersebut. Menurutnya, even Cycling de Jabar 2022 dapat mempromosikan keindahan alam yang menakjubkan di sepanjang jalur pantai Selatan.

“Saya sangat megapresiasi kegiatan ini, disamping even, olahraga ini juga untuk mendorong pencapaian prestasi atlet Jabar dan Nasional,”ujar Mulyadi kepada Bogor-today.com (jaringan timetoday.id)

Mulyadi juga menyorot ihwal infrastrukur yang berada di jalan pantai selatan. Ia menilai dengan didukungnya infrastruktur dapat memperlancar dan mempercepat lajur para atlet bersepeda.

Baca Juga :  Program Beasiswa Pancakarsa Didukung Dewan

Dengan demikan, Mulyadi yang juga anggota fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu mengucapkan terima kasih terhadap semua pihak yang sukses menggelar even Cycling de Jabar 2022.

“Saya menghaturkan terimakasih untuk semua pihak, tentunya untuk Pemprov Jawa Barat yang dihadiri langsung oleh Gubernur dan ibu serta seluruh jajarannya, serta untuk kementerian PUPR khususnya Balai Besar Jalan Nasional Jawa Barat dan DKI,” ucapnya.

Senada dengan Ridwan Kamil, Mulyadi juga berharap agar even Cycling de Jabar 2022 bisa terus dilaksanakan setiap satu tahun, agar dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke wilayah selatan Jawa Barat.

“Semoga event ini menjadi kalender kegiatan tahunan Provinsi Jawa Barat,”pungkasnya. (Fadilah)

=========================================================