Demokrat Kabupaten Bogor Bantu Warga Tersandung Persoalan Hukum

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Bagi masyarakat Kabupaten Bogor yang perlu pendampingan hukum, kini disiapkan DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor. Pendampingan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Perkara hukumnya mulai dari pesangon yang tidak dibayar perusahaan, sengketa lahan, pelecehan seksual hingga kasus perceraian.

“Semua masalah hukum akan kami bantu. Perkara yang dialami warga mungkin banyak, namun terkadang warga enggan mengurusnya karena harus sewa pengacara. Nah, disini kami hadir ingin membantu menyelesaikan perkara hukum itu,,” ujar Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor, Dede Chandra Sasmita.

Dechan’s – sapaanakrabnya – memastikan, LBH Demokrat legalisasinya akan rampung dalam satu bulan kedepan dan akan launching memperkenalkan tim advokasinya dalam waktu dekat. Upaya DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor ini guna memberikan manfaat terhadap masyarakat.

Advertisement
Baca Juga :  Pulihkan Ekonomi dengan Membangun Tempat Wisata

“Untuk semua warga Kabupaten Bogor, kami tidak melihat latar belakang apapun yang jelas niat kami adalah ingin memberikan manfaat dan membantu masyarakat,” jelasnya.

Bahkan terhadap kadernya, DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor telah berkomitmen memberikan perlindungan dengan adanya Program Jaminan Kematian atau JKM BPJS yang klaim asuransinya bisa diterima ahli waris.

“Sudah 450 kader dapat jaminan. Kami tidak menginginkan adanya musibah seperti ada kader yang memasang baliho terkena musibah dan alhamdulillah dapat santunan,” jelasnya.

Sementara Ketua Bidang Hukum dan Pengamanan Partai di DPC Kabupaten Bogor, Bambang Mulyono juga memastikan bahwa perkara hukum yang ditanganinya gratis.

Warga hanya hanya cukup memperlihatkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kepala Desa atau Lurah.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Bogor Kamis 28 Maret 2024, Diprediksi Hujan Ringan Siang Hari

“Ini hanya untuk memastikan saja bahwa warga yang dibantu memang benar-benar tidak mampu,” jelasnya.

Pendampingan hukum diakui Bambang Mulyono penting dilakukan karena banyak warga tak mampu ketika mendapat masalah hukum terbentur biaya sehingga masalahnya menguap begitu saja.

“Sama sekali gratis dan nanti juga akan disiapkan call center,” jelas Bambang Mulyono.

Tak hanya itu, bagi mahasiswa hukum yang akan magang juga tidak perlu repot-repot mencari tempat magang. DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor mengakomodir mahasiswa dan mahasiswi untuk magang.

“Disini kami akan ajari teknisnya. Intinya adalah kehadiran kami akan memberikan manfaat,” tandasnya. (*)

=========================================================