TIMETODAY.ID, BOGOR – Sakit atau nyeri pinggang bisa dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Penyebabnya bisa beragam, tetapi kondisi ini paling sering terjadi setelah Anda melakukan pekerjaan berat. Nah, salah satu langkah mengatasi sakit pinggang adalah dengan rutin berolahraga.

Latihan yoga yang memadukan gerakan peregangan pada otot-otot pinggang efektif untuk mengatasi gangguan kesehatan satu ini. Simak langkah-langkah dari beberapa pose yoga untuk sakit pinggang yang akan diuraikan di bawah ini.

  1. Cat cow pose (bitilasana marjaryasana)

yoga

Advertisement

Cat cow pose sangat baik untuk tulang belakang dan pinggang dengan melakukan gerakan melengkungkan punggung ke bawah dan ke atas. Pose ini baik sebagai gerakan peregangan setelah bangun tidur setiap pagi hari, apabila Anda sering mengalami sakit pinggang.

2. Standing forward fold (uttanasana)

yoga

Pose ini cukup mudah untuk Anda latih setiap hari dan sangat baik untuk melegakan rasa sakit pada pinggang bagian bawah. Tak hanya itu, pose standing forward fold juga memanjangkan semua otot di tulang punggung Anda. Pose ini juga sangat baik Anda lakukan apabila sering duduk untuk jangka waktu lama.

Baca Juga :  Amar BrkiWelber Jardim Tak Masuk Timnas Indonesia U-20, Ini Alasanya

3. Seated forward fold (paschimottanasana)

yoga

Selain latihan dalam posisi berdiri, posisi yang sama bisa Anda lakukan dalam posisi duduk. Jika dalam posisi berdiri terkadang Anda merasa pusing, lebih baik lakukan dengan posisi duduk. Posisi seated forward fold ini baik untuk membuka pinggang bagian bawah, serta melegakan otot kaku dan rasa sakit.

4. Sphinx pose (salamba bhujangasana)

yoga

Sphinx pose cukup mudah untuk Anda latih dan sangat baik untuk menguatkan bagian tulang belakang. Pose ini juga termasuk dalam kategori backbend yang baik untuk sebagai salah satu gerakan untuk meredakan sakit pinggang.

Baca Juga :  Tim Bowling Kabupaten Bogor Sumbang 8 Medali

5. Eagle pose (garudasana)

yoga

Pose ini termasuk pose yang lebih rumit karena membutuhkan keseimbangan dan kekuatan, tetapi baik untuk meregangkan dan membuka pinggang dan punggung Anda. Eagle pose juga termasuk dalam kategori backbend yang baik untuk membantu meredakan sakit pinggang dan menguatkan tulang belakang Anda.

6. Locust pose (salabhasana)

yoga

Pose ini sangat baik untuk menguatkan otot punggung, pinggang, dan pantat. Jika punggung dan pinggang kuat, maka kemungkinan Anda mengalami sakit pinggang akan berkurang. Lakukan posisi ini saat ingin meredakan sakit pinggang yang Anda rasakan. (net)

=========================================================