Kisah Ripan Penjahit Topi Rimba Asal Nanggung

TIMETODAY.ID, BOGOR – Kisah Ripan, warga Kampung Pasir Gintung, Desa Batutulis, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, merupakan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dibidang menjahit yang sudah mampu membuat karya topi rimba dengan merek Lugina.

“Ya selain produk yang diunggulkan topi rimba, saya juga terima jasa menjahit sesuai dengan konsumen yang memesan,” ujar Ripan kepada wartawan, Selasa (5/4/2022).

Ripan menjelaskan, alasan dirinya membuat produk unggulan tersebut lantaran proses pembuatannya tidak menyulitkan, bahkan dari segi permodalan pun relatif terbilang kecil.

Advertisement
Baca Juga :  Christian Kartawijaya Kembali Jadi Direktur Utama Indocement

“Iya simpel buatnya, modalnya juga kejangkau untuk usaha kecil, selain itu bahan bakunya juga gampang, kita biasa pake katun twill,” ungkapnya.

Namun, menurut Ripan, dirinya masih kesulitan mengembangkan dan membesarkan usahanya tersebut lantaran terkendala permodalan, padahal, usahanya tersebut bisa menjadi home industri yang sangat bagus dan bisa menjadi lapangan kerja yang baru bagi masyarakat sekitar.

“Untuk harga, kita biasa ecer Rp 50.000, kalau untuk pedagang lagi bisa lebih murah,” bebernya.

Baca Juga :  Memasuki Ramadan, Harga Beras di Bogor Turun

Untuk itu, dirinya sangat berharap brand-nya tersebut bisa lebih berkembang dengan adanya bantuan entah dari investor atau pemerintah terkait.

“Dulu sih pernah dapat bantuan dari pemerintah yang 1,2 juta itu waktu pandemi, tapi uang segitu dimasa pandemi hanya mampu untuk bertahan aja. Ya kita berharap ada dorongan lah dari Forum UKM Kecamatan,” harapnya. (din)

=========================================================