120 Ribu Ibu Hamil Divaksin

TIMETODAY.ID, BOGOR | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menargetkan pada 2021 sebanyak 120 ribu ibu hamil (bumil) mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Bupati Bogor, sekaligus ketua Satgas Covid-19, Ade Yasin menyebut vaksin yang digunakan terhadap ibu hamil merupakan vaksin Moderna. Vaksin moderna merupakan vaksin yang dikembangkan dengan platform mRNA yang diperoleh melalui COVAX facility yang merupakan jalur multilateral dan diproduksi oleh Moderna TX., Inc USA.

“Hari ini sasaran prioritasnya adalah kelompok ibu hamil. Jadi, berdasarkan data 2021 sebanyak 120 ribu hamil ditargetkan mendapatkan vaksin,” terang Ade, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/8/2021).

Advertisement
Baca Juga :  Meski Pandemi, Emak-emak di Dramaga Tetap Semangat Belajar Membuat Busana Muslim

Namun, kata Ade bagi bumil yang usia kandungannya di bawah 13 minggu belum diperbolehkan divaksin. Karena kondisi kandungan yang masih rawan.

Baca Juga :  Jatah Manula Dapat Giliran Vaksinasi

“Jika kehamilannya ada gejala-gejala seperti kaki bengkak, nyeri ulu hati, sakit kepala hebat, lalu tensi darah di atas 140 itu juga belum boleh,” tuturnya.

Ade memastikan, vaksin jenis moderna ini dijamin aman, selama ibu hamil tersebut tidak memiliki komorbid atau riwayat penyakit jantung, diabetes, atau yang perlu dikonsultasikan.

Baca Juga :  Jalan Soleh Iskandar Nyaris Ambles Diduga Terkikis Saluran Sungai

“Hari ini karena baru peluncuran, jadi dilakukan secara massal. Selanjutnya bisa dilaksanakan di puskesmas atau rumah sakit terdekat. Bisa juga dilaksanakan di beberapa tempat lain yang sudah di tentukan,” katanya.

Baca Juga :  MUI se-Kabupaten Bogor Istigasah Serentak Jelang Sidang Pembelaan Ade Yadin

Dengan demikian, Ade berharap dengan vaksinasi untuk ibu hamil ini dapat mengurangi risiko dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (bsp)

=========================================================