Ketua PWI Kabupaten Bogor Ajak Pelajar Bijak Menggunakan Media Sosial

Ketua PWI Kabupaten Bogor. Foto : Ist.
Ketua PWI Kabupaten Bogor, Subagiyo, saat memberikan sosialisasi kepada para pelajar SMPN 1 Bojonggede tentang "Kesadaran dalam Menggunakan Media Sosial" di area lapangan SMPN 1 Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (22/4/2024).

TIMETODAY.IDKetua PWI Kabupaten Bogor, Subagiyo, memberikan sosialisasi kepada para pelajar SMPN 1 Bojonggede tentang “Kesadaran dalam Menggunakan Media Sosial” di area lapangan SMPN 1 Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (22/4/2024).

Subagiyo menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sangat penting karena ia ingin menghindari situasi di mana siswa-siswi SMP masih aktif di media sosial dan secara tidak disengaja menyebarkan berita dari sumber yang tidak jelas, terjebak dalam informasi yang tidak benar.

“Kita bisa menyimpulkan bahwa informasi dari media sosial belum tentu dapat dipercaya. Ada aturan main yang harus diikuti dalam penggunaannya. Penting untuk diingat bahwa kelalaian dalam menggunakan media sosial dapat berakhir dengan konsekuensi hukum yang serius,” ungkap Subagiyo.

Advertisement
Baca Juga :  Aksi Balap Liar di Bogor Telan Korban

Di hadapan ribuan siswa SMPN 1 Bojonggede, Subagiyo menegaskan bahwa sumber informasi jurnalistik dapat dipertanggungjawabkan dengan jelas, berlawanan dengan informasi dari media sosial yang seringkali tidak dapat dipercaya.

Subagiyo menjelaskan bahwa meskipun media sosial dan produk jurnalistik sama-sama menyampaikan informasi, namun informasi dari media sosial belum melewati proses verifikasi yang ketat seperti halnya produk jurnalistik. Verifikasi yang dimaksud melibatkan pengecekan ulang antara sumber-sumber informasi.

Berbeda dengan jurnalisme yang mengutamakan keakuratan, keberimbangan, dan asas praduga tak bersalah, informasi dari media sosial seringkali tidak memenuhi standar tersebut.

Selain itu, Subagiyo menekankan pentingnya menjaga etika dalam berkomunikasi, bahkan di dunia maya.

Dia mengingatkan agar status, postingan, atau komentar di media sosial tidak menyakiti, merendahkan, atau melanggar hak-hak orang lain.

Baca Juga :  3 Pelaku Penganiayaan di Bogor Diringkus, Polisi : Motifnya Dendam

“Melalui kegiatan ‘Kesadaran dalam Menggunakan Media Sosial’ hari ini, saya berharap siswa-siswi SMPN 1 Bojonggede dapat memahami perbedaan antara informasi dari media sosial dengan produk jurnalistik,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Bojonggede, Tri Rahayu mengucapkan terima kasih atas penyuluhan yang diberikan. Dia berharap agar ilmu yang diterima dapat membantu para pelajr untuk menggunakan media sosial dengan bijak.

“Terima kasih kepada Ketua PWI Kabupaten Bogor atas sosialisasi yang bermanfaat. Kami berharap dapat melanjutkan kegiatan positif semacam ini bersama PWI Kabupaten Bogor,” tuntasnya.

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================