4 Cara Menikmati Kopi Selama Bulan Puasa agar Tetap Sehat

kopi
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID –  Mengonsumsi kopi bagian dari rutinitas harian seseorang. Namun, bagaimana cara menikmati kopi saat bulan Ramadan agar tetap sehat?

Dalam konteks bulan puasa, penikmat kopi perlu menyesuaikan kebiasaan mereka agar tidak mengganggu pelaksanaan ibadah puasa.

Sebagaimana diketahui, minuman yang mengandung kafein itu dapat menyebabkan dehidrasi. Dr. Tirta Prawita Sari, MSc, SpGK dari RS Pondok Indah, Jakarta, memberikan saran untuk menikmati kopi dengan bijak selama bulan Ramadhan.

Advertisement

Kurangi takaran kopi yang dikonsumsi

Baca Juga :  TETAP GAS POL MESKI PUASA SAAT MASUK SEKOLAH

Dr. Tirta menyarankan untuk mengurangi jumlah kopi yang diminum, misalnya dari dua sendok teh menjadi satu sendok teh, untuk menghindari efek samping berlebihan dari kafein.

Hindari minum kopi saat perut kosong

Disarankan untuk tidak minum kopi segera setelah berbuka puasa, karena konsumsi kopi saat perut kosong dapat meningkatkan asam lambung dan menyebabkan iritasi lambung.

Hindari minum kopi saat sahur

Konsumsi kopi dapat meningkatkan produksi urine, yang dapat menyebabkan dehidrasi lebih cepat terjadi, mengingat pembatasan asupan cairan saat berpuasa.

Baca Juga :  Mengenal Teknik Mewing yang Diklaim Bisa Perbaiki Bentuk Wajah

Pastikan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat

Penyesuaian kebiasaan minum kopi selama Ramadan harus diimbangi dengan pola makan yang sehat.

Memastikan asupan protein, serat, lemak baik, serta cukup cairan saat sahur dan berbuka puasa akan membantu tubuh tetap fit dalam menjalani ibadah puasa. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================