MANFAAT TIDUR BAGI MANUSIA

OPINI_HERU
Heru B Setyaan penulis opini dengan judul “Manfaat Tidur Bagi Manusia”. (FOTO : IST)

Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati & Aktivis Pendidikan)

SECARA bahasa pengertian tidur dalam terjemahan bahasa arab berasal dari kata naama– yanaamu–nauman yang berarti tidur, mengantuk atau istirahat.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tidur diartikan sebagai keadaan berhenti (ngaso) badan dan kesadarannya (biasanya dengan memejamkan mata) siang untuk bekerja dan malam untuk istirahat.

Advertisement

Kata tidur juga dijelaskan oleh Allah dalam al-Qur‟an sebagai suatu keadaan di mana ruh seseorang sedang ditahan oleh Allah untuk mengistirahatkan tubuhnya agar bisa kembali beraktivitas seperti biasanya.

Tidur juga berarti  suatu keadaan tidak sadar yang relatif, atau suatu keadaan dimana Allah sedang menggenggam jiwa seseorang tanpa mati. Tidur disebut juga dengan mati kecil, sedangkan mati adalah tidur berat.

Makanya arti doa sebelum tidur adalah sebagai berikut “Bismika allahumma ahyaa wa bismika amuut.” Artinya: “Dengan nama-Mu, Ya Allah, aku hidup dan aku mati.”

Baca Juga :  Pasar Jambu Dua dan Pasar Gembrong Sukasari Dicanangkan Jadi Pasar Bersih

Sedang doa  bangun dari tidur adalah “Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur.”Artinya: “Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami, dan kepada Allah kami dibangkitkan.”

Inilah sempurnanya Islam semua urusan hidup diatur termasuk hal tidur. Dan inilah manfaat tidur bagi kita, yaitu:

Pertama, tidur adalah cara istirahat yang paling baik, apalagi jika kita sedang sakit, pasti dokter menasehati pasiennya untuk banyak istirahat dengan tidur yang cukup, agar si pasien segera sembuh dan sehat walafiat kembali.

Kedua, tidur dapat melupakan sementara jika kita punya masalah-masalah hidup yang sangat sulit seakan tidak ada jalan keluarnya. Atau bahasa kerennya cul-de-sac (sebuah jalan buntu).

Baca Juga :  Berikut Jadwal Dokter di RSUD Leuwiliang Periode Januari 2024

Banyak orang kaya dan terkenal yang stres tidak bisa tidur, untuk bisa tidur mereka harus minum obat tidur dulu.

Sementara para gelandangan dan bapak-bapak tukang becak dengan mudahnya tertidur di emperan ruko dan di becaknya

Ketiga, tidur minimal kita istirahat dari maksiat dalam kehidupan, jika kita melek maka akan ada potensi untuk gibah, menjelek-jelekkan orang lain, memfitnah serta melakukan kemaksiatan yang lain.

Melakukan perbuatan sia-sia belaka, bahkan ada yang sampai melakukan kejahatan. Baik mulai malam  ini persiapkan tidur terbaik anda, selamat tidur. Jayalah Indonesiaku. ***

 

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================