Mengenal permainan Latto-Latto

TIMETODAY.IDMengenal permainan Latto-Latto yang beberapa waktu terakhir menghebohkan media sosial yang kemudian banyak anak-anak tertarik untuk mencoba bermain. Permainan dua bola yang terbuat dari kayu atau plastik ini trending di TikTok usai netizen membagikannya.

Belum jelas secara pasti siapa yang kembali mengangkat permainan ini sehingga menjadi trend dan banyak yang mencoba untuk memainkannya, hanya saja saat ini telah banyak video-video baru mulai dari anak-anak sampai orang dewasa belajar bermain Latto-Latto, bahkan ada video yang menunjukkan adanya pertandingan atau turnamen Latto-Latto.

Untuk memainkannya, dua bola yang terhubung dengan benang tersebut pemain harus membenturkan kedua bola dengan menggunakan tangan untuk dapat bergerak naik turun secara seimbang dan terus berbenturan berulang-ulang.

Lantas, dari mana permaianan Lato-Lato berasal?

Melansir dari berbagai sumber, Lato-Lato ternyata sudah ada sejak dulu dan merupakan permainan tradisional khas Amerika Serikat yang sudah ada sejak tahun 1960an, dan dikenal dengan nama Clackers Balls Toys.

Namun, Departemen Sekolah New Bedfford telah melarang penggunaan Clackers Balls Toys karena anak-anak di Amerika memainkannya dengan keras hingga bola pecah dan pecahannya beterbangan. Food and Drug Administration (FDA) saat itu, juga melarang penjualan clackers.

Baca Juga :  Mencicipi Manisnya Gitaan, Buah Eksotis dari Belantara Kalimantan

Di Indonesia, permainan ini mulai dikenal dan dimainkan oleh anak-anak asal Sulawesi Selatan khususnya Makassar dan beberapa daerah di Pulau Jawa sejak era tahun 90-an.

Manfaat bermain Lato-Lato

Meskipun terlihat sangat sederhana tetapi memiliki manfaat, yaitu untuk melatih keseimbangan gerak otot tangan, ketenangan pikiran, dan juga kesabaran, karena memang untuk dapat bermain Latto Latto butuh banyak latihan dan bisa dibilang tidak mudah, di antaranya :

1Melatih kemampuan motorik

Manfaat main latto-latto, dapat melatih kemampuan motorik anak, oleh karena itu ajarkan permainan tradisional tak hanya lato namun seperti lompat karet, cublak-cublak suweng akan membuat anak melatih kemampuan motorik dengan lebih baik lagi dari pada sebelumnya.

2Kepercayaan diri

Manfaat main latto-latto juga bisa membuat anak memiliki kepercayaan diri, saat berbaur bersama teman – temannya. Manfaat permainan ini mampu meningkatkan rasa percaya diri pada anak anda. Rasa percaya diri perlu di ajarkan sejak dini, agar tidak hanya melalui permainan tradisional tapi juga dengan memberikan kepercayaan pada anak untuk dapat melakukan sesuatu hal.

3Demokratis

Saat bermain bersama, maka sikap demokratis anak akan keluar dan anak akan belajar secara pelahan-lahan dengan teman temannya untuk lebih baik lagi. Jadi sikap anak yang belajar demokratis ini akan tetap bisa dia lakukan saat sudah dewasa nanti.

Baca Juga :  Mengulas Sejarah Hari Braille Sedunia yang Diperingati 4 Januari

Dalam satu permainan, tentu menuntut anak untuk menggunakan strategi untuk bisa menang dari lawannya. Contoh permainan ini salah satunya adalah latto-latto. Biasanya anak yang main latto-latto, akan mengayunkan bola dengan cara ke atas dan ke bawah dan membuat bola beradu dengan cepat.

4Mengendalikan emosi

Permainan tradisional ini juga banyak berfungsi untuk mengendalikan emosi anak. Untuk memenangkan permainan ini, maka anak harus menjaga emosi dan suasana hati saat menyeimbangkan ayunan bola yang sedang beradu dengan konstan. Jika emosi tidak bisa diolah dengan baik, kemungkinan anak akan kalah dalam permainan.

5Melatih keseimbangan gerak otot tangan.

6Ketenangan pikiran.

7Kesabaran, karena bermain Latto-latto butuh banyak latihan.

Nah, itulah tentang permainan tradisional Lato Lato yang sedang viral dan menjadi trend di media sosial banyak dimainkan oleh anak-anak kecil dan juga orang-orang dewasa.

9Menyukai ini: