Pekan Ini Pemkab Bogor Uji Coba Ganjil-Genap di Kawasan Puncak

TIMETODAY.ID, BOGOR | Beberapa hari terakhir arus lalu lintas di kawasan Puncak, Kabupaten terpantau ramai. Padahal wilayah Bogor masih termasuk dalam zona PPKM Level 3 yang rawan penyebaran Covid-19.

Mencegah lonjakan penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bekerja sama dengan Polres Bogor berencana akan menerapkan uji coba sistem ganjil genap bagi kendaraan bermotor yang akan masuk ke wilayah Puncak.

“Kita sepakat akan berlakukan sistem ganjil genap, namun sementara akan dilakukan uji coba dahuli sambil menyosialisasikan kepada masyarakat,” kata Bupati Bogor, Ade Yasin usai memimpin rapat evaluasi di Pendopo Bupati, Senin (30/8/2021).

Advertisement

Menurutnya, uji coba itu akan dilakukan selama dua pekan, yakni setiap akhir pekan mulai dari Jumat, Sabtu hingga Minggu. Jika terbukti dapat mengurangi mobilitas warga dan mengarah kepada kebaikan, dirinya akan membuat payung hukum.

Baca Juga :  Pemkot Bogor Kembali Sabet Piala Adipura, Rencananya Bakal Diarak di Kota Bogor Besok. Cek Rutenya!

Hal itu dilakukan, pasca viralnya kemacetan yang terjadi di wilayah Puncak. Bahkan, kata Ade kabar tersebut sampai ke pemerintah pusat. Maka pusat meminta Pemkab Bogor untuk segera mencari solusi, agar tidak terulang kembali.

“Ketika ada pelonggaran biasanya masyarakat menganggapnya apapun sudah diperbolehkan, sehingga akhirnya masyarakat ramai-ramai mengunjungi kawasan Puncak kemarin,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Bogor, AKBP Harun menerangkan saat ini pihaknya akan melakukan uji coba tersebut di wilayah Puncak. Tak menutup kemungkinan wilayah lainnya, seperti Sentul bakal diterapkan.

Baca Juga :  Perkuat Kolaborasi Ciptakan Pemilu Damai Meminimalisir Politik Identitas di Bumi Tegar Beriman

“Kawasan Sentul kan saling berhubungan dengan Puncak. Jadi saat ini Puncak menjadi prioritas yang kita uji cobakan. Uji coba akan dilakukan mulai Jumat siang, dan pagi hingga malam pada Sabtu dan Minggu,” terang Harun.

Menurut Harun, terdapat beberapa titik penyekatan, seperti di Gadog, Ciawi, Rainbow Hills Gunung Geulis, bahkan ada beberapa yang disekat penuh. Hanya masyarakat sekitar saja yang diperbolehkan masuk. (B. Supriyadi)

=========================================================