108 Madrasah Swasta di Kota Bogor Diguyur Dana BOS 5,3 Miliar

BOS
Pemkot Bogor memberikan dana hibah Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar Rp 5,3 miliar kepada 108 madrasah swasta di Kota Bogor. Foto : Ist.

TIMETODAY.ID –  Pemkot Bogor telah memberikan dana hibah Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar Rp 5,3 miliar kepada 108 madrasah swasta di Kota Bogor.

Penyerahan hibah BOS ini dilakukan sesuai dengan pelaksanaan Undang-Undang dan berdasarkan Peraturan Wali Kota Nomor 8 Tahun 2024 tentang Penggunaan Bantuan Hibah Bantuan Operasional Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar.

Sebanyak 108 madrasah penerima hibah BOS terdiri dari 59 Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan alokasi anggaran Rp 2,9 miliar untuk 12.173 siswa, di mana masing-masing siswa menerima Rp 230.000,-.

Advertisement

Sementara itu, 49 Madrasah Tsanawiyah (MTs) menerima anggaran sebesar Rp 2,4 miliar untuk 8.757 siswa, dengan masing-masing siswa mendapatkan Rp 275.000,-.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari, menyerahkan dana tersebut kepada perwakilan MI dan MTs saat acara Sosialisasi Hibah Bantuan Operasional Sekolah (BOS) MI dan MTs Kota Bogor Tahun 2024 di Hotel Royal, Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bogor, pada Rabu (19/6/2024).

Baca Juga :  Hardiknas 2024, Great Edunesia Gandeng Dompet Dhuafa Refleksikan Perjalanan dan Tantangan Pendidikan di Indonesia

Hery menyatakan bahwa penyerahan hibah BOS ini adalah bagian upaya Pemkot Bogor untuk mendukung satuan pendidikan dalam mengelola dana sekolah.

Kepada para kepala sekolah dan perwakilan MI serta MTs, Hery mengingatkan bahwa dana ini bertujuan untuk meringankan biaya pendidikan bagi masyarakat.

“Pemberian Hibah BOS ini tujuannya untuk mendanai kegiatan operasional pendidikan, meringankan biaya pendidikan bagi masyarakat, pemerataan dan perluasan akses pendidikan di daerah, dan mendorong sekolah untuk memenuhi standar nasional pendidikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Hery.

Hery berharap Hibah BOS bagi MI dan MTs dapat mencegah anak putus sekolah dan memastikan seluruh warga Kota Bogor mendapatkan pendidikan serta melek baca, tulis, dan hitung (calistung).

Baca Juga :  13 Persen Anak Stres Gegara Belajar Online

“Saya berharap hibah BOS ini dikelola secara tertib, efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggung jawab, sehingga benar-benar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk peningkatan kualitas pendidikan di Kota Bogor,” ujar Hery.

Hery menambahkan bahwa pendidikan adalah kunci utama kemajuan suatu negara, di mana pendidikan harus mampu mentransformasi Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi produktif, kreatif, inovatif, tangguh, dan terus memberikan yang terbaik untuk bangsa. Oleh karena itu, peningkatan mutu pendidikan nasional sangat penting.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================