Viral Seorang Pendaki Temukan Burung Garuda di Hutan, Berikut Faktanya!

pendaki
Pendaki gunung bertemu dengan burung yang diyakini jadi inspirasi Garuda Pancasila. (Instagram/@nature.wanderer.id)

TIMETODAY.ID –  Sebuah video viral menunjukkan seorang pendaki gunung bertemu dengan burung Garuda di hutan, yang membuat warganet bertanya-tanya apakah burung Garuda, simbol negara Indonesia, benar-benar ada.

“Keberuntungan seumur hidup, pendaki gunung ini bertemu dengan ikon negara Indonesia, burung Garuda, di salah satu gunung di daerah Jawa,” tulis akun Instagram @nature.wanderer.id, Kamis (16/5/2024).

Informasi ini mengejutkan warganet, terutama karena video tersebut menampilkan foto burung yang membentangkan sayapnya, mirip dengan Garuda Pancasila.

Advertisement

“Aku kira Garuda itu hanya mitos,” komentar akun Instagram @lilylhs***.

Baca Juga :  Film Dirty Vote Hilang di Pencarian Kanal YouTube, Netizen Ramai-ramai Bilang Begini

“Sudah dihitung belum jumlah bulu di lehernya yang 45, ekornya delapan, dan sayapnya 17?” tanya akun Instagram @hesthidh*** dengan penasaran.

Namun, klaim bahwa pendaki gunung bertemu burung Garuda tidaklah benar. Burung yang terlihat dalam video tersebut sebenarnya adalah Elang Jawa (Nisaetus bartelsi).

Elang Jawa adalah spesies elang berukuran sedang dari keluarga Accipitridae dan genus Nisaetus yang endemik di Pulau Jawa.

Elang Jawa memiliki ukuran tubuh sedang hingga besar dengan panjang tubuh 60-70 cm. Kepalanya berwarna cokelat kemerahan dengan jambul yang tinggi dan mencolok, serta tengkuk cokelat kekuningan.

Baca Juga :  Imbas Kebakaran Gedung Indosat Ooredoo, Pelanggan Ramai-ramai Curhat di X

Menariknya, satwa ini sering dianggap identik dengan lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila. Namun, belum ada bukti akademis yang memastikan bahwa Sultan Hamid II menggunakan Elang Jawa sebagai inspirasi dalam menciptakan Garuda Pancasila. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================