Universitas Pakuan Targetkan Jadi Institusi Unggul

Universitas Pakuan
Gandeng narasumber ahli, Unpak targetkan jadi institusi unggul.

TIMETODAY.ID –  Persiapkan akreditasi institusi unggul, Universitas Pakuan (Unpak) di bawah koordinasi Wakil Rektor (Warek) 1 Bidang Akademik, Prof. Eri Sarimanah melaksanakan kegiatan pendampingan Pengelolaan Data dan Pelaporan PD-Dikti (Pangkalan Data – Pendidikan Tinggi).

Kegiatan Pendampingan Pengelolaan Data dan Pelaporan PD-Dikti ini digelar di Ruang Teater Lantai 10, Gedung Graha Pakuan Siliwangi (GPS), Rabu, 8 Mei 2024.

Tema pembahasan kegiatan tersebut merupakan salah satu aspek penting sebagai penunjang pelaksanaan akreditasi, baik dalam pengelolaan data dan pelaporan PD-Dikti data akademik serta keperluan IKU (Indikator Kinerja Utama).

Advertisement

Guna mempersiapkan hal tersebut, Unpak menghadirkan sejumlah narasumber ahli di antaranya:

  1. Direktur Direktorat Pendidikan UPI, Dr. rer. nat Asep Supriatna

2.Pemegang Akun MBKM UPI, Agus Sutiawan, S.E.

3.Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi UPI, Aceng Sobana, S.Pd., M.T.

  1. Admin PD-DIkti, Deni Purnama, A. Md.
  2. Subkoordinator Data Pendidikan Tinggi, Franova Herdiyanto, S. Kom., M.TI
  3. Subkoordinator Sistem Informasi Pendidikan Tinggi, David Aulia Akbar Adhieputra, S.Kom., M.TI
  4. Data Analyst, Abdul Naser Rafi’i Attamimi, S. Si

“Sebagaimana kita ketahui bahwa dasar-dasar hukum yang melandasi hal tersebut telah tertuang dalam UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Permenristekdikti No. 61 Tahun 2016 tentang Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Permendikbudristek  No. 53 tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Perguruan tinggi,” kata Rektor Unpak Prof. Didik Notosudjono saat sambutan sekaligus membuka kegiatan.

Baca Juga :  PGRI Bogor Minta Pemerintah Prioritaskan Alokasi Pendidikan dan Penempatan Tenaga Pendidik

Menurut Prof. Didik Notosudjono, Unpak perlu meningkatkan penataan pengelolaan pelaporan aktivitas, baik akademik, MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dan pemeringkatan IKU di Unpak.

“Hari ini telah hadir Tim dari Pusdatin dan PD-Dikti serta tim dari UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) yang memberikan penjelasan dan pemaparan bagaimana pengelolaan laporan,” tutur Prof. Didik.

Kemudian, Prof. Didik mengajak agar seluruh pihak di lingkungan Unpak menerap dan memahami materi yang disampaikan oleh para narasumber.

Dengan itu, diharapkan dapat diimplementasikan dengan baik guna menjadikan Unpak sebagai institusi yang terakreditasi unggul.

Sementara itu, sebagai ketua pelaksana, Warek 1 Bidang Akademik Prof. Eri Sarimanah mengatakan tahun ini Unpak akan mengajukan akreditasi perguruan tinggi, diharapkan bisa meraih akreditasi unggul.

“Salah satu hal kita harus membenahi, mengelola dan bagaimana semua kegiatan penyelenggaraan pendidikan dengan baik, di antaranya dua hal ini yang hari ini Insya Allah kita bisa cari hal-hal yang bisa kita perlu benahi, kita perlu sama-sama temukan. Ini semua dilandasi oleh dasar hukum. Semua aktivitas harus terlaporkan dengan baik,” kata Prof. Eri menjelaskan.

Baca Juga :  Unjuk Rasa Tolak Revisi UU Pilkada di Bogor Diwarnai Bakar Ban

Prof. Eri menyebutkan, saat ini Unpak masih memiliki kendala dan permasalahan terkait dengan pengelolaan data. Oleh sebab itu, pihaknya terus mendorong dengan membuat kegiatan berupa pendampingan.

“Kita sampaikan hal-hal yang menjadi kendala atau permasalahan seperti apa yang kita alami, nanti mudah-mudahan dicari bagaimana solusinya,” sebutnya.

Prof. Eri berharap, dengan diselenggarakan kegiatan tersebut, Unpak dapat memiliki sistem yang lebih baik, guna memudahkan segala aktivitas yang terintegrasi dengan baik.

“Ke depan kita bisa memiliki sistem yang bisa terintegrasi, sehingga bisa memudahkan semuanya. Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Ketua Yayasan atas dukungannya, juga terhadap bapak rektor sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah membantu kegiatan ini,” pungkasnya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================