KOLABORASI ANTAR SEKOLAH AGAR PENDIDIKAN MAJU

HERU_OPINI
FOTO : IST

Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati & Aktivis Pendidikan)

COBA pembaca yang budiman, anda perhatikan mobil merk Daihatsu Xenia dengan mobil merk Toyota Avanza, mirip kan bentuknya dan penampilannya.

Yang beda hanya nama merk dan daleman mesinnya, bentuk fisik dari luar sama persis bro, seperti mobil kembar saja.

Advertisement

Ada lagi antara mobil merk Daihatsu Terios dengan mobil merk Toyota Rush, sama persis bentuknya secara penampilan fisik.

Inilah contoh nyata dari negara maju Jepang menerapkan pentingnya kolaborasi (Kerja sama), sesama industri otomotif Jepang.

Bukan persaingan atau pertentangan saling menjatuhkan, tapi berkolaborasi sehingga hasilnya justru menguntungkan kedua belah pihak.

Yang namanya persaingan, pertentangan apalagi saling membuat hoaxs, pastilah melelahkan dan banyak mengeluarkan energi kita.

Sementara jika kita kolaborasi dengan saling mengenal keunggulan dan kekurangan kita masing-masing serta saling silaturahmi.

Dibarengi diskusi yang produktif, maka hasilnya ya insyaAllah bagus dan menguntungkan semua pihak.

Baca Juga :  KURANG ELOK PRAMUKA BERUBAH DARI EKSKUL WAJIB JADI PILIHAN

Nah apa salahnya jika hal ini sekarang kita terapkan kolaborasi antar sekolah, sehingga sekolah kita atau pendidikan kita akan semakin maju.

Tidak seperti sekarang antar sekolah malah tawuran, ya ambyar kata Didi Kempot.

Banyak kolaborasi yang bisa dilakukan antar sekolah, intinya setiap sekolah punya keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Kolaborasi dilaksanakan untuk sekolah yang punya keunggulan untuk ditularkan kepada sekolah lain.

Memang selama ini sudah ada istilah sekolah model dan sekolah imbas. Sekolah Imbas adalah sekolah yang berada disekitar Sekolah Model, yang menjadi sasaran imbasan dari pengembangan sekolah model.

Maka harusnya wacana usulan penulis tentang program kolaborasi antar sekolah harus lebih berhasil, karena sekolah sudah berpengalaman saat menjadi sekolah model dan sekolah imbas.

Misal sekolah A punya keunggulan di bidang akademis, sedang sekolah B punya keunggulan di bidang olah raga.

Maka kedua sekolah ini untuk mengadakan seperti workshop, seminar, study banding, tentang keunggulan akademis sekolah A dan tentang keunggulan olah raga sekolah B.

Baca Juga :  Peluang Besar Pasangan Jaro Ade - Anang Hermansyah di Pilkada Kabupaten Bogor 2024

Bisa pertukaran pelajar atau guru antar sekolah, selama ini pertukaran pelajar justru ke luar negeri. Pertukaran pelajar antar negara saja bisa, apalagi ini pertukaran pelajar antar sekolah, pastilah lebih mudah terlaksana.

Dapat juga pertandingan olah raga persahabatan antar sekolah, pertandingan persahabatan antara 2 sekolah relatif aman.

Yang rawan tawuran itu, jika ada turnamen olah raga yang melibatkan banyak sekolah, disitu pihak sekolah harus melibatkan pihak keopilisan.

Atau latihan bareng ekstrakurikuler Pramuka, Pasus, PMR, bela diri dan lain-lain.  Selamat berkolaborasi dengan sekolah terdekat atau bahkan sekolah yang jauh lokasinya.

Karena jaman sekarang, jarak tidak menjadikan kendala dalam berkolaborasi, semua fasilitas pendukung sudah tersedia. Jayalah Indonesiaku. ***

 

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================