10 Januari Diperingati Hari Apa? Simak Daftarnya di Sini!

10 Januari
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Ada beberapa peristiwa signifikan yang diingat setiap tanggal 10 Januari. Menurut kalender Masehi, tanggal tersebut pada tahun 2024 jatuh pada hari Rabu, di minggu kedua bulan Januari.

Tanggal tersebut merupakan hari ke-10 dalam kalender Gregorian, dan terdapat beberapa peringatan yang dilakukan pada tanggal tersebut.

Terdapat lima peristiwa yang diperingati pada tanggal 10 Januari. Berikut adalah daftar peristiwa tersebut, dikumpulkan dari informasi yang diperoleh dari National Today.

Advertisement
  1. Hari Pohon Sedunia

Hari Pohon Sedunia dirayakan setiap tahun pada tanggal 10 Januari. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya penanaman pohon dalam mendukung keberlanjutan lingkungan.

Dikutip dari situs Kabupaten Asahan, gerakan ini pertama kali diinisiasi oleh Presiden Soeharto di Jakarta pada tanggal 10 Januari 1993. Presiden Soeharto mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam Gerakan Satu Juta Pohon, dengan tujuan menanam lebih dari satu juta pohon di setiap provinsi.

Gerakan penanaman pohon ini diharapkan dapat membantu mengatasi masalah pemanasan global, karena pohon akan menyerap sinar matahari melalui proses fotosintesis.

  1. Serangan di Kafe Palopo 2004
Baca Juga :  Deretan Toko Thrifting di Bogor, Belanja Hemat untuk Tampil Fashionable saat Lebaran

20 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 10 Januari 2004, terjadi serangan teroris di Kafe Palopo, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Kejadian ini terjadi pada pukul 10.30 waktu setempat, di mana sebuah alat peledak improvisasi ditempatkan di bawah meja nomor 11 di Sampodo Indah Karaoke Cafe. Ledakan tersebut menyebabkan empat orang tewas dan tiga lainnya terluka.

Jasmin bin Kasau, salah satu pelaku pemboman, ditangkap dan dihukum penjara selama 20 tahun. Namun, ia berhasil melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Gunung Sari pada malam Jumat, 21 September 2007, saat sesi salat Tarawih, dengan menyamar di tengah jamaah yang bubar setelah salat.

  1. Pekan Kesadaran Obesitas Nasional

Di Inggris, Pekan Kesadaran Obesitas Nasional berlangsung dari 10 hingga 16 Januari setiap tahun. Obesitas semakin memengaruhi berbagai kelompok, termasuk anak-anak, orang dewasa, dan bahkan hewan peliharaan.

Pekan Kesadaran Obesitas Nasional bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang obesitas dan memberikan praktik cara mencegahnya. Adopsi gaya hidup sehat, menjaga kebugaran, dan mengatur berat badan menjadi fokus utamanya.

  1. Hari Apresiasi Tanaman Rumah
Baca Juga :  Ide Kegiatan di Bulan Ramadan yang Positif dan Penuh Makna

Setiap tahunnya, Hari Apresiasi Tanaman Rumah dirayakan pada tanggal 10 Januari. Peringatan ini mengingatkan kita untuk terus merawat tanaman di rumah, menjaga agar tetap segar setelah masa liburan.

Merawat tanaman merupakan cara yang baik untuk memberikan nuansa cerah pada lingkungan rumah. Hari Apresiasi Tanaman Rumah Nasional menyoroti pentingnya merawat tanaman dalam ruangan.

  1. Hari Liga Bangsa-Bangsa

Hari Liga Bangsa-Bangsa, atau League of Nations Day, dirayakan setiap tanggal 10 Januari. Peringatan ini dimulai sejak tahun 1920 setelah mendapatkan persetujuan dari 42 negara pada tahun sebelumnya. Tujuannya adalah untuk mempromosikan perdamaian dunia dan meningkatkan kerja sama internasional.

Demikianlah lima peristiwa yang diperingati setiap tanggal 10 Januari. Semoga informasi ini memberikan pengetahuan yang bermanfaat! ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp TIMETODAY WA CHANNEL

=========================================================