Bikers Wajib Tahu Tips Meninggalkan Motor Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Natal dan Tahun Baru
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Mendekati musim liburan Natal dan Tahun Baru, mayoritas masyarakat merencanakan untuk menghabiskan waktu di kampung halaman atau di luar kota.

Bagi mereka yang memilih menggunakan transportasi umum, kendaraan pribadi seperti sepeda motor biasanya ditinggalkan di rumah.

Untuk memastikan bahwa sepeda motor tetap dalam kondisi optimal ketika digunakan kembali, berikut adalah beberapa tips perawatan sebelum meninggalkannya selama liburan, seperti yang dikutip dari laman Astra Honda:

Advertisement
  1. Bersihkan dengan teliti

Sebelum ditinggalkan, pastikan sepeda motor dibersihkan dan dikeringkan sepenuhnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah korosi dan bau yang tidak sedap selama periode waktu yang lama. Jangan lupa untuk membersihkan bagian kolong motor.

  1. Kosongkan tangki bahan bakar
Baca Juga :  Lokasi Pelayanan SIM Keliling Kota Bogor, Kamis 21 Maret 2024

Jika sepeda motor akan ditinggalkan untuk waktu yang lama, disarankan untuk mengosongkan tangki bahan bakar. Langkah ini dapat mengurangi risiko kebocoran dan kebakaran. Sebagai tambahan, periksa juga kemungkinan kebocoran tangki, oli mesin, coolant, dan oli suspensi.

  1. Periksa tekanan ban

Lakukan pemeriksaan tekanan ban sesuai dengan petunjuk pabrikan, guna menghindari keempesan ban selama periode ketidakaktifan. Pastikan untuk menggunakan standar tengah saat parkir agar distribusi beban motor tetap stabil dan tidak memberi tekanan berlebih pada ban.

  1. Cabut kabel aki

Sebelum meninggalkan sepeda motor, pastikan untuk mencabut kedua kabel aki. Hal ini dapat mencegah aki menjadi lembab karena terus menerus mengeluarkan sedikit daya meskipun sepeda motor tidak digunakan.

  1. Parkir di tempat aman
Baca Juga :  500 Bikers Lampung Gelar Fun Mori dan Galang Dana untuk Ponpes hingga Rumah Ibadah

Cari lokasi parkir yang aman dan terlindungi dari panas dan hujan, idealnya di dalam rumah. Untuk perlindungan tambahan, gunakan sarung motor.

  1. Kunci ganda

Pastikan sepeda motor terkunci dengan baik menggunakan setang dan kunci tambahan. Tindakan ini dapat meningkatkan keamanan dan mencegah potensi tindak kejahatan.

Dengan mengikuti saran-saran sederhana ini, sepeda motor Anda akan tetap terjaga dan siap untuk menemani perjalanan wisata atau kembali digunakan dalam kegiatan produktif setelah liburan yang panjang. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================