Kamis, Oktober 6, 2022
No menu items!
Beranda blog

Kearifan Lokal dan Generasi Muda Adat

0
kearifan lokal

TIME TODAY.ID, BOGOR – Pada tanggal 01 Juni dan Juli 2022 team Pemberdayaan Masyarakat atau PKM Universitas IBN Kaldun Bogor bersama ketua team yaitu Bahagia SP., MSc dan dua anggota dosen IBN Kaldun yaitu Ibu Leny Muniroh, SE., MSi dan pak Ritzkal, S.Kom., M.Kom melakukan kegiatan pemberdayaan kepada generasi muda di desa Urug, kecamatan Sukajaya Bogor Jawa Barat.

Kegiatan pemberdayaan berfokus kepada kearifan lokal masyarakat adat Urug yang berkaitan langsung dengan pertanian. Pada jaman teknologi canggih masa kini, kearifan lokal ikut memprihatinkan karena generasi muda tidak sempat lagi mendapatkan pengetahuan lokal terutama pengetahuan lokal dan budaya yang berkaitan langsung dengan pertanian ramah lingkungan.

kearifan lokal

Kearifan lokal termasuk pengetahuan dan perilaku yang diturunkan secara turun temurun dari pendahulu sebelumnya. Pengetahuan lokal yang terkait dengan pertanian mulai dari perilaku penentuan waktu tanam dengan melihat perputaran bintang kidang.

Ketika bintang kidang terlihat disebelah timur maka pertanda musim kemarau tiba sehingga masyarakat adat mempunyai cara untuk menentukan musim kemarau. Demikian hal dengan penentuan waktu tanam yaitu dengan melihat posisi bintang berada pada sebelah barat. Jadwal tanam padi berkaitan dengan posisi bintang tersebut.

Pada saat, bintang kidang terlihat disebelah timur maka musim panen padi harus dilakukan. Demikian hal dengan Ketika posisi bintang sudah disebelah barat maka sebagai tanda persiapan untuk menanam padi.

Masih Ada Ribuan Korban Bencana Tinggal di Hunian Sementara, Dewan Janjikan 1000 Huntap di APBD Perubahan 2022

0

TIMETODAY.ID, BOGOR – Lebih dari dua tahun ribuan warga korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Kecamatan Sukajaya, Kapupaten Bogor masih menempati hunian sementara atau pengungsian. Para kepala desa (kades) pun tak henti – hentinya berjuang dan terus menagih janji pemerintah.

Puncaknya, sejumlah kades mendatangi Gedung DPRD Kabupaten Bogor untuk melakukan audiensi dengan para wakil rakyat mempertanyakan percepatan pembangunan hunian tetap (Huntap) bagi nasib ribuan korban bencana alam yang terjadi pada 2020 lalu.

“Kami datang kesini untuk audiensi menanyakan kepastian dari percepatan pembangunan Huntap yang dijanjikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor,” ujar Kepala Desa Cileuksa, Ujang Ruhyandi usai audiensi, Kamis (29/9/2022).

Aspirasi yang disampaikan, merupakan kegelisan ribuan warga korban bencana alam selama kurang lebih 3 tahun yang masih terlunta – lunta nasibnya, karena belum mendapatkan hunian tetap yang dijanjikan pemerintah.

“Di tahun 2022 ini pembangunan Huntap baru terealisasi sebanyak 1200 unit, sedangkan Huntap yang diajukan sebanyak 4.492 unit. Padahal janji pemerintah semua huntap akan selesai dibangun pada tahun 2023 mendatang,” tutur pria yang akrab disapa Apih Ujang.

Tuntutan masyarakat korban bencana tidaklah muluk – muluk, mereka hanya butuh kepastian dan janji konkret pemerintah yang selalu memberikan angin segar kepada masyarakat yang hingga saat ini masih tinggal di hunian sementara dengan kondisi yang sangat memprihatinkan.

“Masyarakat butuh informasi terkait kelanjutan pembangunan Huntap ini, mau sampai kapan mereka tinggal di tempat tinggal sementara dengan kondisi yang sangat memprihatkan. Ada anak kecil, balita, manula yang kondisi kesehatannya buruk akibat tempat tinggal yang tidak layak,” uangkapnya.

Percasi Kabupaten Bogor Targetkan 7 Emas Pada Porprov XIV Jabar 2022

0
Porprov XIV Jabar 2022
Percasi Kabupaten Bogor Targetkan 7 Emas Pada Porprov XIV Jabar 2022. Foto : Istimewa.

TIMETODAY.ID, BOGOR – Jelang perhelatan Pekan Olahraga Provinsi atau Porprov XIV Jabar 2022 pada November mendatang, berbagai persiapan terus dilakukan oleh Persatuan Catur Indonesia atau Percasi Kabupaten Bogor, agar dapat meraih juara dengan target 7 medali emas.

Ketua Percasi Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika mengaku beberapa persiapan telah dilakukan Percasi yakni, membentuk TC untuk melatih para atlet catur secara rutin setiap pekan. Lalu mengikuti turnamen kejuaraan daerah (kejurda) beberapa waktu lalu di Bandung, Jawa Barat, tujuan untuk melatih mental serta membaca peta lawan.

“Persiapan secara matang telah kami lakukan sejak Juli 2022 lalu mulai dari pembinaan, pelatihan hingga implementasi di lapangan melalui berbagai kegiatan perlombaan,” ungkap Ajat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/9/2022)

Ajat menyatakan, atlet catur juga akan melakukan Try Out (TO) di Pangandaran Jabar, pada 8 dan 9 Oktober nanti.

“Nanti kita akan bertanding dengan atlet-atlet catur Ciamis dan Banjar, setelah itu kita akan coba karantina para atlet Percasi 2-3 hari rencananya di kawasan Puncak untuk melatih teknik, membangun kekompakan dan percaya diri tim,” tegasnya.

Kedapatan Tanam Ganja, Dua Pria di Bogor Berujung 5 Tahun Penjara

0
Dua pria
Polisi menangkap dua pria tersangka penyalahgunaan narkotika jenis ganja. Foto : Istimewa.

TIMETODAY.ID, BOGORDua pria berinsial MF (54) dan SH (42) warga asal Kecamatan Tamansari dan Ciomas, Kabupaten Bogor diamankan Satresnarkoba Polres Bogor lantaran kedapatan menanam narkotika jenis ganja yang ditanamnya di halaman rumahnya. Kini keduanya dinyatakan sebagai tersangka.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin menyebut tersangka MF menanam ganja agar memiliki kegiatan usai ditinggal mati istrinya dan anak-anaknya pergi meninggalkannya, sehingga MF merasa kesepian.

Dari informasi yang didapat, kata Iman kedua tersangka ini merupakan sahabat, MF merasa kesepian, sehingga diberikan inisiatif oleh SH untuk menanam ganja di perkarangan rumahnya.

“MF mendapatkan ganja dari SH untuk ditanam dan dikonsumsi, dari hasil tanaman yang tumbuh tersebut bijinya diambil dan kembali ditanam di polybag,” terang Iman kepada wartawan, Kamis (29/9/2022)

Iman berujar, saat ini Satresnarkoba Polres Bogor sedang melakukan penyidikan terhadap kedua tersangka.

Pemkab Bogor Mantapkan Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana

0
mitigasi dan kesiapsiagaan bencana
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor mengecek materil dalam upaya mengantisipasi dan mitigasi bencana alam di Kabupaten Bogor di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (29/9/2022). Foto : Istimewa.

TIMETODAY.ID, BOGOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terus melakukan berbagai upaya mitigasi dan kesiapsiagaan bencana di Kabupaten Bogor. Itu dilakukan mengingat kondisi cuaca yang tak menentu. Salah satunya dengan memantapkan kesiapsiagaan personil dan materil.

“Ini kami lakukan untuk memantapkan kesiapsiagaan personil dan materil, dalam mengantisipasi bencana alam, sehubungan meningkatnya intensitas hujan dan angin kencang di wilayah Kabupaten Bogor,” ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin saat memimpin apel siaga bencana di Lapangan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Kamis (29/9/2022)

mitigasi dan kesiapsiagaan bencana

Sebagai informasi, bahwa wilayah Kabupaten Bogor secara geografis dan topografis cukup labil dan rawan longsor, angin puting beliung dan banjir.

Berdasarkan data Badan Penangggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor pada Agustus 2022, terdapat 524 kejadian bencana di Kabupaten Bogor, dengan rincian tanah longsor 228 kejadian, angin kencang 165 kejadian dan banjir 71 kejadian termasuk kejadian pergerakan tanah di desa Bojong Koneng pada tanggal 14 September lalu hingga mengakibatkan sejumlah rumah warga dan akses jalan terdampak, dan kejadian pergerakan tanah di kampung Cibugis Desa Banyuwangi Kecamatan Cigudeg pada tanggal 17 September yang mengakibatkan beberapa titik jalan terputus dan sebanyak 20 kepala keluarga atau 50 jiwa harus dievakuasi.

Resep Membuat Pepes Tongkol

0
pepes tongkol

TIMETODAY.ID – Pepes atau Pais merupakan suatu cara memasak khas masyarakat Sunda untuk mengolah bahan makanan yang telah dibumbui dengan bantuan daun pisang sebagai media pembungkusnya.

Resep pepes kali ini menggunakan ikan tongkol. Pecinta ikan laut pasti akan sangat menyukai ini.

Langsung saya ke resepnya. Berikut langkah-langkah membuat pepes tongkol.

Pemkot Bogor – Taspen Perpanjang Kerja Sama Simgaji Berbasis Web

0
PEMKOT BOGOR

TIMETODAY.ID, BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama PT Taspen (Persero) menggelar penandatanganan perpanjangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Simgaji Berbasis Web di Edensor Cafe, Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Senin (26/9/2022).

Penandatanganan dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah dan Branch Manager PT Taspen Bogor, Harini.

Turut hadir menyaksikan, Kepala BKPSDM Kota Bogor, Taufik, Kepala BKAD Kota Bogor, Denny Mulyadi dan perwakilan dari Bagian Pemerintahan Setda Kota Bogor.

Sekda menyampaikan, kerja sama ini sudah dilakukan sejak 2019 dan terus diperpanjang.

Pemkot Bogor kata dia, baru saja dikunjungi oleh Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) dari KPK. Di Stranas PK ada tiga fokus, yakni pengelolaan keuangan, reformasi birokrasi dan hukum, kemudian perizinan.

“Ini hasil evaluasi dari Stranas PK. Pola seperti ini sangat membantu, artinya membantu integrasi yang langsung antara gaji kemudian juga dengan data kepegawaian dikoneksikan dengan PT Taspen. Jadi tidak perlu lagi secara manual melakukan verifikasi dan sebagainya, karena secara sistem itu sudah terkoneksi,” jelasnya.

Apalagi kata Syarifah, data pegawai itu sifatnya dinamis. Pasalnya, ada yang pensiun, rotasi, mutasi, kenaikan gaji secara berkala dan lain sebagainya.

Resep Kue Talam Jagung, Lembut, Manis dan Gurih

0
kue talam jagung

TIMETODAY.ID Kue talam jagung merupakan makanan yang memiliki tekstur lembut dan memiliki rasa yang manis gurih.

Jajanan ini bisa ditemui di pasaran, mungkin sudah sedikit yang menjual makanan ini. Maka dari itu kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Kue talam jagung bisa kamu buat dengan menggunakan bahan yang irit dan juga sederhana. Seperti jagung, santan kental, gula, dan tepung hunkwe.

Peringati World Cleanup Day, Bima Ajak Pesepeda Pungut Sampah

0
World Cleanup Day

TIMETODAY.ID, BOGOR – Wali Kota Bogor, Bima Arya melepas puluhan pesepeda dalam memperingati World Cleanup Day sekaligus memperingati Hari Sungai Sedunia di Plaza Balai Kota Bogor, Minggu (25/9/2022) pagi.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menyampaikan, hari ini judulnya Three in One, ada jogging, cycling dan flogging.

“Jadi manfaatnya banyak dan berkah sekaligus mempromosikan Kota Bogor sebagai kota yang bersih,” katanya sebelum melepas pesepeda.

Ia mengucapkan terimakasih kepada semua yang terlibat dan ikut menjadi bagian dari Kota Bogor menjadi kota yang bersih dan nyaman bagi semua.

“Semoga kegiatan ini konsisten,” ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Denni Wismanto menuturkan, rangkaian acara ini dilaksanakan hampir satu bulan. Sebagai penutup hari ini agendanya jogging, cycling dan flogging.

Resep Ikan Kuah Asam Pedas

0
Resep Ikan Kuah Asam Pedas

TIMETODAY.ID Resep ikan kuah asam manis bisa menjadi menu pilihan untuk makan bersama keluarga besar. Menu ini sangat cocok untuk untuk makan siang.

Selain dibuat dengan rempah dan santan, ikan juga enak dibuat kuah bening yang asam segar dan pedas sehingga rasanya lebih nikmat.

Tidak perlu beli, Anda bisa membuatnya di rumah dengan mengikuti langkah-langkah ini.

BERITA POPULER

BERITA TERBARU