Modus Bayar Pakai Qris, Ponsel Milik Warung Kelontong di Bogor Dibawa Kabur

QRIS
Foto : tangkapan layar video instagram @cibinongviral.

TIMETODAY.ID – Kasus pencurian dengan modus baru mulai marak di wilayah Bogor. Modus ini melibatkan penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) untuk menipu korban dan mencuri telepon genggam mereka.

Seperti yang terjadi di salah satu warung kelontong di kawasan Cikaret Al-Falah RT 04/04, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (19/7/2024). Insiden pencurian telepon genggam tersebut terekam oleh kamera pengawas atau CCTV.

Video berdurasi 31 detik itu kemudian viral di media sosial, salah satunya diunggah oleh akun Instagram @cibinongviral.

Advertisement
Baca Juga :  Viral, Kolam Masjid Raya Al Jabbar Dipakai Berenang Anak-anak. Netizen : Biar Rame Masjidnya

“Maling HP modus bayar pake QRIS. Lokasi di Cikaret al-falah RT 04/04 warung madura depan sate maranggi pas flyover rel kereta api,” tulis keterangan dalam video tersebut.

Sementara, dilihat timetoday.id, Sabtu (20/7/2024), modus operandi pelaku cukup sederhana namun cerdik. Pelaku berpura-pura akan membayar menggunakan QRIS dan meminta izin untuk meminjam telepon genggam korban agar bisa memindai kode QRIS yang tertera di layar.

Baca Juga :  Jaringan Indosat Down, Netizen Ramai-Ramai Curhat di Twitter X

Setelah korban memberikan telepon genggamnya, pelaku dengan cepat melarikan diri sambil membawa telepon genggam tersebut. Meski sempat dikejar, pelaku berhasil kabur bersama rekannya yang sudah menunggu menggunakan sepeda motor.

Hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari kepolisian setempat. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================