Eksplore Taman Nasional Kelimutu, Danau Tiga Warna di NTT

Taman Nasional Kelimutu
Taman Nasional Kelimutu.

TIMETODAY.ID –  Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki beragam tempat wisata yang menakjubkan, di antaranya adalah Taman Nasional Kelimutu, sebuah surga alam yang menggabungkan kecantikan alamiah dengan legenda dan misteri.

Terletak di Pulau Flores, destinasi ini menjadi magnet bagi para pelancong yang ingin menjelajahi keindahan alamnya. Ingin tahu lebih banyak tentang Taman Nasional Kelimutu?

Di bawah ini disajikan informasi terkait lokasi, daya tarik, jam buka, harga tiket, akses, dan fasilitas Taman Nasional Kelimutu yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Advertisement

Taman Nasional Kelimutu adalah salah satu dari sekian banyak taman nasional di Indonesia yang terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Flores, NTT.

Daya Tarik

Keindahan tiga danau kawah Gunung Kelimutu menjadi magnet bagi pengunjung, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, yang dikenal dengan sebutan Danau Tiga Warna.

Danau Kelimutu ini terdiri dari tiga danau bernama Tiwi Ata Mbupu, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, dan Tiwu Ata Polo. Setiap danau memiliki makna tersendiri:

  • Tiwi Ata Mbupu, yang berwarna putih, dipercaya sebagai tempat berkumpulnya roh leluhur. Luasnya mencapai 4,5 hektare.
  • Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, yang berwarna biru, dipercaya sebagai tempat berkumpulnya roh muda yang telah meninggal. Luasnya sekitar 5,5 hektare. Dari ketinggian, warna danau ini nampak seperti hijau kebiruan.
  • Tiwu Ata Polo, yang berwarna merah, dipercaya sebagai tempat berkumpulnya roh yang melakukan kejahatan semasa hidup. Luasnya hanya sekitar 4 hektare dengan kedalaman 64 meter.
Baca Juga :  Kisah Mistis Hingga Daya Tarik Pantai Santolo Garut yang Memiliki Dermaga Buatan Belanda

Jam Operasional

Taman Nasional Kelimutu buka setiap hari mulai pukul 08.00 Wita hingga 17.00 Wita.

Harga Tiket Masuk

Tarif masuk untuk pengunjung domestik adalah Rp 5.000 dan Rp 150.000 untuk pengunjung mancanegara. Biaya tambahan untuk parkir kendaraan bermotor adalah Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Baca Juga :  Wisata Bukit Baros Ciamis, Suguhkan Pemandangan Eksotis dari Ketinggian

Akses Menuju Lokasi Wisata

Untuk mencapai Kelimutu, Anda dapat menggunakan transportasi udara ke Bandara H. Hasan Aroeboesman, satu-satunya bandara di Kabupaten Ende. Selanjutnya, Anda dapat menyewa mobil, motor, atau menggunakan jasa travel untuk menuju Desa Moni, desa terdekat dengan Kelimutu.

Setelah sampai di Desa Moni, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 15 kilometer untuk mencapai gerbang masuk Taman Nasional Kelimutu.

Fasilitas

Para wisatawan yang mengunjungi tempat ini tidak perlu khawatir karena tersedia beberapa fasilitas di sekitar lokasi, termasuk toilet, gazebo, area parkir, dan berbagai kios atau warung yang menawarkan makanan dan minuman. Tentu saja, fasilitas tersebut dijaga dan dijaga kebersihannya.

Disclaimer : Harga tiket dan jam operasional dapat berubah-rubah tanpa pemberitahuan dahulu. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================