KURIKULUM MERDEKA HARUS MERDEKA DULU GURUNYA

HERU_OPINI
Heru B Setyawan penulis opini dengan judul “Kurikulum Merdeka Harus Merdeka Dulu Gurunya”. (FOTO : IST)

Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati Dan Praktisi Pendidikan)

UNDANG – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) menyebutkan bahwa pengertian kurikulum adalah seperangkat rencana.

Dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Advertisement

Sedang apa itu Kurikulum Merdeka? Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam.

Dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel.

Sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik.

Baca Juga :  SEKOLAH BISA MEMODIFIKASI KURIKULUM

Struktur Kurikulum Merdeka didasari tiga hal, yaitu: berbasis kompetensi, pembelajaran yang fleksibel, dan karakter Pancasila.

Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.

Atas dasar tersebut di atas maka namanya Kurikulum Merdeka, apakah selama ini dunia pendidikan di Indonesia belum mereka?

Ya selama ini kurikulum kita agak kaku dan tidak boleh begini serta tidak boleh begitu. Atau dengan kata lain kurikulum kita ada pesanan politik dari pemerintah yang berkuasa.

Idealnya kurikulum itu ditinjau tiap 10 tahun sekali, jadi adalah wajar kurikulum kita yang terakhir adalah Kurikulum 2013 dan sekarang ada Kurikulum Merdeka, meski Kurikulum Merdeka sudah berlaku 2 tahun yang lalu.

Baca Juga :  Kepergok Ngamar di Hotel, Pasangan Karyawan PDAM Bangkalan Dinonaktifkan

Baik apapun kurikulumnya yang penting adalah kita positif thingking terhadap Kurikulum Merdeka ini dengan tetap mengambil yang baik dari  Kurikulum 2013.

Kan pada Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.

Dan yang tidak kalah penting juga dalam implementasi dari Kurikulum Merdeka ini guru dulu yang harus merdeka dari beban finansial. Sehingga guru lebih fokus, gas pol dan ikhlas dalam mendidik peserta didiknya. Jayalah Indonesiaku. ***

=========================================================