DLH Kota Bogor Buka Suara Soal Adanya Penumpukan Sampah

DLH
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sedang berusaha menangani keterlambatan pengangkutan sampah di TPS Gang Ardio, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Foto : Ist.

TIMETODAY.ID – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sedang berusaha menangani keterlambatan pengangkutan sampah di TPS Gang Ardio, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Kepala DLH Kota Bogor, Denni Wismanto, menjelaskan bahwa keterlambatan ini disebabkan oleh banyaknya armada pengangkut sampah yang membutuhkan perbaikan secara bergantian. Namun, masalah ini secara bertahap sedang diatasi dan pengangkutan akan kembali normal.

“Terdapat sekitar 20 hingga 30 armada yang memerlukan perbaikan. Saat ini, kami sedang melakukan peremajaan angkutan yang tidak memiliki cadangan dan memerlukan pemeliharaan, sehingga terkadang terjadi jeda setengah hari hingga satu hari dalam jangka pendek,” jelasnya.

Advertisement

Untuk solusi jangka panjang, telah dianggarkan pengadaan unit baru dan perbaikan, serta pengajuan bantuan kepada pemerintah pusat untuk tahun ini dan 2025 mendatang, termasuk kebutuhan alat berat pengangkut sampah.

Baca Juga :  KPU Kota Bogor Resmi Buka Perekrutan Pantarlih Untuk Pilkada Serentak 2024, Catat Tanggalnya!

Penanganan sampah tidak hanya sebatas pengangkutan ke TPA, tetapi lebih dari itu. Saat ini, Pemkot Bogor sedang merintis solusi teknologi modern untuk pengelolaan sampah menuju zero waste.

Kota Bogor saat ini memiliki 32 unit Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R), serta 300 bank sampah yang mampu mengurangi 18 persen dari total 700 ton sampah per hari.

“Selain itu, kami ingin membangun kultur dan mindset bahwa yang terpenting adalah menjaga keberlanjutan. Bagaimana kita menjaga proses pengelolaan sampah menjadi bagian dari keseharian kita, karena sampah yang kita kelola hari ini akan muncul lagi besoknya,” tambahnya.

Baca Juga :  Advokat Bogor Bersatu Dukung Penuh untuk Dedie Rachim-Jenal Mutaqin di Pilkada 2024

Dalam pengelolaan sampah, terdapat proses bisnis yang bisa diterapkan untuk menghasilkan solusi jangka panjang guna menjaga lingkungan tetap bersih dan berkelanjutan. Kota Bogor juga sedang menjalin kerjasama dalam pengelolaan sampah yang dapat menjadi sumber energi.

Antrean di TPA Galuga sudah selesai dan perbaikan unit armada sedang dilakukan secara bertahap. “Sekitar empat hingga enam unit lagi yang perlu diperbaiki. Pemeliharaan armada saat ini berjalan normal,” katanya.

Keterlambatan pengangkutan sampah juga secara bertahap sudah diselesaikan, termasuk di Gang Ardio. (cr1)

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================